Home Berita Islam Terbaru Tanggal 13 Ramadhan di Lintasan Sejarah

Tanggal 13 Ramadhan di Lintasan Sejarah

90
0

ilustrasi sultan murad I bersama pasukannyaceramahterbaru.net – Tanggal 13 Ramadhan Jadi saksi wafatnya sejumlah tokoh penting di Islam yang telah membawa perubahan untuk sejarah peradaban Islam di mata Global. Siapakah tokoh yang dimaksud? Berikut peritiwa di tanggal 13 Ramadhan.

Wafatnya Sultan Murad I

Nama lengkapnya Yaitu Sultan Murad I bin Orhan Ghazi bin Othman bin Ortgl lahir di Sogut atau yang dikenal di ini dengan nama Bursa di 29 Juni 1326 Masehi, dan wafat di Kosovo di 15 Juni 1389 Masehi, atau yang bertepatan dengan 13 Ramadhan.

Beliau Yaitu sultan ketiga dari dinasti Ottoman yang menjabat di usia 36 tahun Pasca wafatnya Orhan bin Othman di tahun 1359 Masehi.

Menjabat sultan dinasti Ottoman selama 31 tahun, Sultan Murad I mendapa julukan Bagaikan Hüdavendigâr, yang berasal dari bahasa Persia خداوندگار/Khodāvandgā, yang berarti disayangi Allah.


Loading...

Murad I dikenal Bagaikan sosok yang sangat pemberani, dermawan, dan agamis. Selama menjabat Sultan Murad I selalu berlaku adil di rakyat dan tentaranya, serta dikenal Bagaikan sosok yang mencitai jihad, gemar membangun masjid, sekolah dan tempat berlindung untuk kaum dhuafa.

Selain terkenal Bagaikan penakluk wilayah Kosovo, Bosnia dan Herzegovina, Sultan Murad juga telah menyebarkan Islam hingga kota Sofia, ibukota Bulgaria, yang telah dikepung selama 3 tahun lamanya oleh kaum Muslimin.

Seusai kemenangan di Kosovo, Sultan Murad I menjalankan inspeksi di medan perang dengan berkeliling ditengah-tengah korban perang kaum muslim dan mendoakan mereka. di di itulah ada seorang pasukan Serbia yang bernama Mulyuk yang pura-pura mati dan dia Genjah berlari Futuristis sultan, namun pengawal sultan Genjah menangkapnya.

Dengan berkilah dan berpura-pura ingin berbicara dengan Sultan dengan cara langsung dan akan menyatakan masuk Islam, Mulyuk memanfaatkan kebaikan Sultan Murad I yang melepaskannya dan menyatakan akan Jadi saksi prajurit Serbia Itu masuk Islam, dengan menusuk sultan memakai piasau beracun. (Almasryalyoum/Ram)

Tanggal 13 Ramadhan di Lintasan Sejarah

Facebook Comments
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here