Home Berita Islam Terbaru Perkataan Gus Mus, Shalat Jumat di Jalan Raya Bid’ah Besar

Perkataan Gus Mus, Shalat Jumat di Jalan Raya Bid’ah Besar

138
0
Perkataan Gus Mus, Shalat Jumat di Jalan Raya Bid’ah Besar
Berita Islam 24H – KH Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus bicara soal rencana Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI menjalankan aksi salat Jumat di jalan protokol Jakarta di Jumat 2 Desember 2016. Dia berharap aksi itu tak dilakukan.
“Aku dengar kabar di Ibu Kota akan ada Jumat-an di jalan raya. Mudah-mudahan tak benar,” cuit Gus Mus lewat akun Twitter-nya seperti dilihat detikcom, Rabu (23/11/2016).
“Seandainya benar, wah di sejarah Islam sejak Masa Rasulullah SAW baru kali ini ada bid’ah sedemikian besar. Global Islam pasti heran,” sambung mantan Rois Syuriah Nahdhlatul Ulama (NU) ini.
Gus Mus mempertanyakan apa dalil Alquran dan hadisnya menjalankan salat Jumat di jalanan. Dia juga mempertanyakan apakah Rasullullah SAW, para sahabat dan tabi’in Sempat menjalankan atau membolehkan salat Jumat di jalan raya.
“Seandainya benar, apakah salat tahiyyatal masjid diganti salat tahiyyatat thariq atau tahiyyatasy syari?” ucapnya.
bila salat Jumat di jalan protokol Jakarta itu benar akan dilakukan, lanjut Gus Mus, dia mengimbau umat Islam yang percaya dirinya tak punya kepentingan politik apapun supaya memikirkan hal itu dengan jernih.
“Seusai itu silakan kita bebas untuk menjalankan pilihan kita. Aku hanya merasa bertanggung jawab mengasihi saudaraku. In uriidu illal ishlãha mãs tatha’tu wamã taufiiqii illa biLlãhil ‘Aliyyil ‘Azhiim,” tulisnya. “Artinya Anemia lebih: Aku hanya berniat (ber)bagus semampuku; taufikku hanya dengan pertolongan Allah Yang Maha Luhur dan Agung,” sambung Gus Mus di cuitan berikutnya jelaskan maknanya.
Banyak netizen yang merespons cuitan Gus Mus itu, bagus yang pro ataupun konta. Ada juga yang meminta dirinya supaya berkata yang menyejukkan aja dan membagikan wejangan yang lembut seperti biasanya. Gus Mus pun menjawab hal itu.
“Ini menurutku bagian dari mengasihi sesama muslim. Seandainya ada yang justru merasa lain, aku serahkan kepada Allah yang Maha Tahu,” ujarnya.
Gus Mus Menyebut, sepengetahuannya, bagus salat Id apalagi salat Jumat tak Sempat dilakukan oleh Rasullullah SAW di jalan. di karenakan itu, dia berharap supaya hal itu tak dilakukan.
“Demo di negara demokrasi seperti Indonesia ini Absah adanya. Tapi poinku, Yaitu salat Jumat-nya. Demo Seusai Demisioner salat Jumat kan Bisa,” ujarnya. [ceramahterbaru.net / dc]
loading…

Perkataan Gus Mus, Shalat Jumat di Jalan Raya Bid’ah Besar

Facebook Comments
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here