Home Berita Islam Terbaru Pengacara: Penyidik KPK Jebak MA Pakai Rp 5 Miliar Milik Probosutedjo

Pengacara: Penyidik KPK Jebak MA Pakai Rp 5 Miliar Milik Probosutedjo

57
0
Pengacara: Penyidik KPK Jebak MA Pakai Rp 5 Miliar Milik Probosutedjo
Berita Islam 24H – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sempat meminjam uang kepada pengusaha Probosutedjo sebesar Rp 5 miliar.
Hal itu disampaikan Presiden Dewan Pimpinan Pusat Kongres Advokat Indonesia (DPP KAI), Indra Sahnun Lubis, yang merupakan pengacara Probosutedjo.
Uang yang dipinjam itu, Perkataan dia, digunakan oleh penyidik KPK untuk menjebak Mahkamah Agung (MA) yang tengah menyidangkan Peninjauan Kembali (PK) perkara dana reboisasi.
“Jadi rencaananya, orang MA, dia datang, Pak Probo laporkan kepada KPK. Ini ada orang dari MA mau minta uang sejumlah segini, dipinjamkan uang untuk menjebak MA. Diambil uang itu Serupa MA,” ungkap Indra di rapat dengar pendapat dengan Panitia Eksklusif (Pansus) KPK di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (31/8). 
Kronologi singkatnya, Probosutedjo disadap oleh penyidik KPK di kasus suap kepada pegawai MA di tahun 2006. di proses hukum, Probosutedjo mengajukan kasasi untuk perkara penyelewengan dana reboisasi milik pemerintah sebesar Rp 100,9 miliar. Suatu hari, beberapa penyidik KPK datang ke Probosutedjo dengan maksud meminjam uang Rp 5 miliar. Uang itu Bagaikan alat menjebak pegawai MA yang datang ke kediaman kerabat dari almarhum Presiden Soeharto itu.
Seusai penerimaan uang terjadi, Indra menerangkan, terjadilah operasi tangkap tangan terhadap para pegawai yang menerimanya. Masalahnya, hingga di ini penyidik KPK tak kunjung mengembalikan uang milik Probosutedjo Seusai sidang kasus suap itu beres.
“Uang itu diminta, tapi enggak dikembalikan lagi. Nanti, nanti, nanti, hingga sekarang enggak dikembalikan,” sesalnya.
Anggota Pansus KPK terkejut. Disorientasi satunya, Misbakhun, menanyakan siapa nama penyidik KPK yang dimaksud.
“Jadi begini Pak, di waktu proses meminjam uang itu saya enggak Empati. Tapi Pak Probosutedjo menguasakan kepada saya untuk menagih kepada KPK. Mungkin Pak Probosutedjo ditakut-takuti, saya yakin ditakut-takuti,” jawab Indra Sahnun. [beritaislam24h.info / rmol]
Loading...

Pengacara: Penyidik KPK Jebak MA Pakai Rp 5 Miliar Milik Probosutedjo

Facebook Comments
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here