Home Berita Islam Terbaru Pemerintah Jokowi Doyan Utang, Ini Skenario Inovatif Rizal Ramli Kurangi Utang

Pemerintah Jokowi Doyan Utang, Ini Skenario Inovatif Rizal Ramli Kurangi Utang

215
0
Pemerintah Jokowi Doyan Utang, Ini Skenario Inovatif Rizal Ramli Kurangi Utang
Berita Islam 24H – Menteri Koordinator Perekonomian di era Presiden Gus Dur, Rizal Ramli meminta ke pemerintah terutama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk mengurangi utang dengan cara signifikan. Jangan terus melonjakkan utang yang justru menjerat perekonomian nasional.
bila alasannya untuk membangun infrastruktur, menurut dia, membangun infrastruktur memang bagus. Akan akan tetapi tak wajib terus-terusan dibiayai oleh utang. Masih ada skema lain. Rizal pun menyarankan kebijakan anti utang sekaligus mengurangi ketergantungan dari utang. Pemerintah Joko Widodo pun diminta untuk mengiktisi tutorial-tutorial pemerintahan di era Gus Dur, meski kondisinya tak 100 persen Serupa.
“Tapi, satu-satunya pemerintah yang dengan cara netto bayar utang dengan tak menjalankan utang baru Yaitu di pemerintahan Gus Dur. Ada sebanyak US$ 4,18 miliar utang yang dihapus,” Perkataan dia di Jakarta, ditulis Minggu (27/8).
Bahkan tak hanya kurangi utang, pemerintahan era Gus Dur dengan Rizal Ramli yang ada di dalamnya itu sukses mengangkat perekonomian yang di krisis tahun 197/998 mencapai minus 13 persen, setelah itu di perbaiki oleh Presiden BJ Habibie Jadi minus 5 persen. Akan akan tetapi di era Gus Dur dari minus 5 persen Jadi 4 persen. Artinya bertumbuh 9 persen.
“Dan itu terjadi di kurun waktu dua tahun. Artinya ini kondisi positif, dari utang yang dikurangi dan pertumbuhan ekonomi pun Bisa positif.” Dan menurutnya, ada tutorial inovatif untuk mengurangi utang. Pertama, di sidang CGI di Tokyo tahun 2000, pemerintah meminta supaya komponen dana utang gratis diperbesar. Dan ternyata lobi-lobi itu sukses dan sebanyak US$ 400 juta dihapus. Itu paling tinggi di sejarah di CGI.
“setelah itu, kita juga menjalankan debt swap dengan Jerman. Jerman itu kan selalu kritik ke Indonesia soal lingkungan Hayati. Dan saya ketemu menteri Jerman. Saya minta jangan ngomong terus dong, ayo kita lakukan konservasi hutan sehingga menimbulkan oksigen banyak. Tapi utangnya dihapus. Dan itu sukses.”
Selain itu, pemerintah waktu itu juga sukses menjalankan long swap dengan kreditur Kuwait. Negara itu merasa tak suka dengan banyakinya utang Indonesia, akhirnya disepakati utang dibayar Genjah tapi diberi utang baru dengan suku bunga yang lebih murah. “Jadi kita sepakat sepakat utang yang mahal itu diganti dengan yang baru. Itu contoh tutorial inovatif untuk bayar utang.”
Sejauh ini, utang pemerintahan Jokowi terus bertambah. di hampir tiga tahun utang pemerintah Indonesia di bawah Jokowi sudah menambah Rp1.000 triliun lebih. Berdasar data dari Kementerian Keuangan, Letak utang pemerintah pusat di Juli 2017, sudah mencapai Rp3.779,98 triliun. Letak ini naik Rp73,46 triliun dari Letak utang di Juni 2017.
Utang Itu terdiri dari dari Surat Berharga Negara sebesar Rp3.045,0 triliun (80,6%) dan pinjaman sebesar Rp734,98 triliun (19,4%). Penambahan utang neto selama bulan Juli 2017 Yaitu sebesar Rp73,47 triliun yang berasal dari penerbitan SBN (neto) sebesar Rp65,50 triliun dan penarikan pinjaman (neto) sebesar Rp7,96 triliun. [beritaislam24h.info / akt]
Loading...

Pemerintah Jokowi Doyan Utang, Ini Skenario Inovatif Rizal Ramli Kurangi Utang

Facebook Comments
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here