Home Berita Islam Terbaru MUI Daerah Didorong Optimalkan Forum Seni Budaya

MUI Daerah Didorong Optimalkan Forum Seni Budaya

31
0
461 views

MUI Daerah Didorong Optimalkan Forum Seni Budaya

JAKARTA (Ceramahterbaru.net)–Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Seni Budaya dan Peradaban Islam (LSBPI) MUI yang terselenggara di 3 Agustus 2022 di Hotel Sari Pacific, Jakarta, menghasilkan lima rekomendasi untuk MUI Provinsi dan MUI Kabupaten/Kota.

Ketua MUI Bidang Seni Budaya dan Peradaban Islam, KH Jeje Zainuddin, menyampaikan bahwa selain rekomendasi, LSBPI juga merumuskan program penting dan prioritas selama satu tahun ke depan.

“Selain program prioritas, dihasilkan juga beberapa rekomendasi, yang pertama, mendorong MUI di semua provinsi dan kabupaten/kota membentuk Forum atau Komisi Seni Budaya dan Peradaban Islam, sehingga Bisa mengorganisasi, mengkoordinasi, serta Memajukan Harta dan potensi seni dan budaya Islam di daerah masing masing, ” ungkap Wakil Ketua Generik Pengurus Pusat Persatuan Islam (PP Persis) Itu dilansir MUIDigital, Jum’at (05/08).

LSBPI merupakan organisasi semi otonomi yang masih tergolong muda di di struktur MUI. di masa khidmat MUI periode sebelumnya, LSBPI bernama Komisi Seni dan Budaya yang langsung berada di bawah MUI. Banyak tantangan yang dihadapi LSBPI terkait tugas dan perannya mendorong Artis dan budayawan muslim untuk menghasilkan karya-karya islami yang berkualitas.

Rekomendasi kedua, lanjut Kiai Jeje, LSBPI mendorong MUI Provinsi dan MUI Kabupaten/Kota menyosialisasikan buku Prinsip dan Panduan Generik Seni Islami. Buku ini, ujar dia, Jadi Disorientasi satu acuan untuk Memajukan seni dan budaya islami di daerah masing-masing.

“Setiap MUI daerah Bisa membagikan catatan atau tambahan pelengkap atas aspek-aspek yang masih Anemia atau belum terakomodir di buku Itu, ” ungkapnya.

Bertepatan dengan rencana Kongres Kebudayaan Islam 2023, LSBPI MUI juga mendorong MUI Provinsi Berawal Dari Dinamis dan bersinergi untuk menyukseskan kegiatan itu.

“Rakornas LSBPI juga mendorong MUI Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk melonjakkan sinergi dan kolabirasi antara proram-program seni budaya di daerah dengan LSBPI Pusat, untuk menyongsong Aplikasi agenda Kongres Kebudayaan Islam 2023, ” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua LSBPI MUI, Habiburrahman El Shirazy, menambahkan, Rakornas LSBPI juga mendorong LSBPI Provinsi ataupun Kabupaten/Kota untuk melonjakkan program dan kegiatannya.

“Sehingga seni budaya Islami Bisa populer dan Jadi pilihan generasi muda sekaligus untuk mengeliminasi berkembangnya seni budaya asing yang merusak akidah dan akhlak masyarakat, ” ungkap dia. 

Loading...

 

Sebarkan informasi ini, semoga Jadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

  • PW Daiyat Parmusi Babel Dikukuhkan, Fahira Idris: Muslimah Yaitu Rahim Peradaban
  • Gelar Munas III, PJMI Teguhkan Peran Jurnalis Muslim di Era Digital
  • DPP Hidayatullah Sambut bagus Gerakan Tolak Timnas Israel
  • Roti Dulu Komitmen Rutin Berwakaf Uang Melalui Baitul Wakaf
  • Target 25 Ribu Produk Halal Gratis, MUI dan BPJPH Perkuat Akselerasi Halal
  • LSBPI MUI Siap Gelar Multaqa Artis dan Budayawan Muslim Indonesia
  • Milad AQL ke 14, UBN Bacakan Tujuh Resolusi Peradaban Al-Qur’an 1444 H
  • Kasus ACT, Forum Manusia di Bekasi terkena Imbas

MUI Daerah Didorong Optimalkan Lembaga Seni Budaya

MUI Daerah Didorong Optimalkan Forum Seni Budaya

MUI Daerah Didorong Optimalkan Lembaga Seni Budaya
MUI Daerah Didorong Optimalkan Forum Seni Budaya

Facebook Comments
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here