Home Berita Islam Terbaru Ini Perkataan Luhut Soal Malaysia Tinjau Ulang Kerja Serupa Cina

Ini Perkataan Luhut Soal Malaysia Tinjau Ulang Kerja Serupa Cina

193
0

Berita Islam 24H – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengaku tak bergeming dengan keputusan pemerintah Malaysia yang akan mengevaluasi kerja Serupa dengan Cina. Luhut Menyebut, pemerintah malaysia mengambil keputusan untuk mengevaluasi di karenakan selama ini Anemia transparan.
Luhut Menyebut, sejauh ini program one belt one road (OBOR) yang dicanangkan bersama dengan Cina masih terus berlanjut. Namun, memang Perkataan Luhut hingga di ini belum ada satu proyekpun yang sudah mencapai tahap kesepakatan.
“Mereka evaluasi aja. Tapi kita nggak ada barang satupun yang Jadi dengan Cina. Kita semua terbuka, kita negosiasi dengan siapa aja,” ujar Luhut di Kantornya, Jumat (11/5).
Luhut jelaskan meski Mengakses peluang investasi terhadap Cina, namun di beberapa aspek, Indonesia mempunyai peraturan yang juga wajib dipenuhi oleh Cina. Luhut Menyebut perjanjian dengan Cina tak Bisa langsung begitu aja disepakati tanpa memenuhi kriteria.
Luhut jelaskan, perjanjian dengan Cina akan terjadi bila Cina memenuhi sekitar lima kriteria. Pertama, teknologi yang dibawa oleh Cina wajib ramah lingkungan.
Kedua, proyek yang berjalan wajib Bisa menyerap tenaga kerja lokal. Ketiga, di investasi nya Cina wajib Bisa menjalankan investasi tak hanya di hulu aja, akan tetapi juga hingga hilir sehingga Bisa membagikan nilai tambah untuk Indonesia.
“Misalnya mereka mau bikin industri lithium batrai, Bisa mereka pakai Cobalt kita, . Itu bikin aja, bikin mobil listrik. Menperin bilang, sepakat. Nah, ini nilai tambah,” ujar Luhut.
Terakhir, menurut Luhut Cina juga wajib menjalankan transfer knowledge kepada Indonesia. “Keempat saya juga bilang ke mereka, wajib ada teknologi transfer. Ini mereka setuju kok soal ini. Jadi, misalnya riset bersama,” tambah Luhut. [b-islam24h.com / replubika]
Loading...
Advertisement

Ini Perkataan Luhut Soal Malaysia Tinjau Ulang Kerja Serupa Cina

Facebook Comments
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here