Home Ceramah Islam Terbaru Doa Sebelum Berguru dan Sesudah Berguru Sesuai Tuntunan Rasul

Doa Sebelum Berguru dan Sesudah Berguru Sesuai Tuntunan Rasul

58
0
Doa Sebelum Berguru dan Sesudah Berguru _ Doa sebelum Berguru memang sangat dibutuhkan setiap insan, supaya saat kita sedang Berguru merasa lebih tenang, aman dan nyaman, serta pelajaran yang diperoleh dari proses pembelajaran Bisa Genjah diresapi atau dipahami. akan tetapi, tak hanya sewaktu akan memulai Berguru, setiap akan menjalankan kegiatan akan lebih bagus apabila kita memulai terlebih Dulu dengan suatu doa. Doa sebelum Berguru dan sesudah Berguru Yaitu termasuk adab doa menuntut ilmu yang diajarkan oleh Rasulullah. Sudah sepatutnya kita mengikuti apa yang dicontohkan oleh beliau.
Doa sebelum Berguru dan sesudah sangat penting dan bermanfaat, di karenakan setiap akan menuntut ilmu, kita wajib meminta ridho-Nya supaya ilmu yang dipelajari Bisa kita terima dengan bagus. Dan sesudah mengakhiri kegiatan Berguru pun kita wajib berdoa. Kita wajib bersyukur di karenakan rahmat-Nya lah kita Bisa mendapatkan ilmu. Nah, untuk itu mulailah dari sekarang untuk membiasakan berdoa.
Doa Sebelum Berguru dan Sesudah Berguru
  • Doa Sebelum Berguru
Berikut ini Yaitu doa sebelum menjalankan kegiatan Berguru sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabat nabi:

اَللَّهُمَّ أَلْهِمْنىِ عِلْماَ اَعْرِفُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَاَعْرِفُ بِهِ نَوَا هِيَكَ

 وَارْزُقْنِى اَللَّهُمَّ بَلَغَةَ فَهْمِ النَبِيِّيْنَ وَفَصَاحَةِ حِفْظِ الْمُرْ سَلِيْنَ وَسُرْ

عَةِ اِلْهَامِ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ وَاَكْرِمْنِى . اَللَّهُمَّ بِنُوْرِ الْعِلْمِ وَسُرْعَةِ

الْفَهْمِ وَاَخْرِجْنِى مِنْ ظُلُمَاتِالْوَهْمِ وَافْتَحْ لِى اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَعَلْمِنِى

Loading...

اَسْرَارَ حِكْمَتِكَ يَارَبَّ الْعَا لمَِيْنَ


“Alloohumma alhimnii ‘ilman a’rifu bihi awaamiroka wa a’rifu bihi nawaahiyaka warzuqnii. Alloohumma balaghota fahmin nabiyyana wa fashoohati hifdlil mursaliina wa sur’ati ilhamil malaa’ikatil muqorro biina wa akrimnii. Alloohumma bi nuuril ‘ilmi wasur’atil fahmi wa akhrijnii min dlulumaatil wahmi waftah lii abwaaba rohmatika wa allminii asrooro hikmatika yaa robbal ‘aalmiina”
Yang mengandung arti, “Ya Tuhanku, berikanlah petunjuk di hamba ilmu yang Bisa membantu hamba memahami semua perintah-Mu dan berikanlah hamba rizqi. Ya Tuhanku, karuniakanlah kepada hamba kemudahan memahami sesuatu seperti para nabi serta fasihnya hafalan dari Rasul Rasul utusan Mu serta cepatnya petunjuk dari para malaikat muqorrobiin. Ya Tuhanku, dengan pelita ilmu dan kemudahan memahami sesuatu, maka keluarkanlah hamba-Mu ini dari kegelapan dan keraguan, setelah itu bukakanlah untuk hamba-Mu ini semua pintu dari rahmat-Mu serta ajarkanlah rahasia hikmahMu, Duhai Tuhan seluruh alam.”

Selain itu ada juga doa sebelum Berguru yang lebih pendek, Yaitu:
  رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

“Rodlitu billahirobba, wabil islamidina, wabimuhammadin nabiyyawwarasuula. Robbi zidnii ‘ilmaa warzuqnii fahmaa.”

Artinya Yaitu “Kami bersungguh-sungguh bahwa Allah Bagaikan Tuhanku, Islam Jadi agamaku, dan Nabi Muhammad Jadi Nabi dan Rasul utusan Allah. Ya Allah, tambahkanlah padaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang bagus.”
  • Doa Sesudah Berguru
Berikut Yaitu doa sesudah Berguru sebagaimana dituntunkan oleh Nabi Muhammad SAW:
اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِيْهِ فَارْدُذْه اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِى اِلَيْهِ وَ لاَ تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

“Allahumma innii istaudi’uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya ‘inda haajati ilaihi walaa tansaniihi yaa robbal ‘aalamiin.”

Artinya Yaitu, “Ya Allah, sesungguhnya telah hamba titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan di hamba, maka kembalikanlah ia kepada hamba di hamba membutuhkannya. Dan janganlah Engkau buat hamba lupa padanya duhai Rabb yang memelihara seluruh alam semesta.”

Doa lain yang sering pula dipanjatkan kepada Allah Seusai selesai Berguru, Yaitu:
رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلله عَلَى كُلِّ حَالٍ

“Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaladzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kullihal.”

Artinya Yaitu, “Ya Rabb kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kepada kami segala hal yang bermanfaat untuk kami, serta tambahkan ilmu untuk kami. Segala puji hanya untuk Allah di setiap keadaan.”

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَه وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا

اجْتِنَابَهُ

Aallohumma Arinal Haqqo Haqqon Warzuqnattibaa’ahu. Wa Arinalbaathila Baa-Thilan Warzuqnajtinaabahu

Artinya : Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehinggga kami Bisa mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami Bisa menjauhinya.

Baca Juga: Kumpulan Doa Doa Mustajab Sehari Hari

Demikianlah ulasan mengenai doa sebelum Berguru dan doa sesudah Berguru seperti contoh Rasulullah SAW. Semoga ulasan mengenai doa ini Bisa membawa cahaya ilmu pengetahuan untuk kita para pelajar yang sedang Menelusuri doa saat hendak Berguru. Dengan tujuan supaya sebelum Berguru kita mendapat ilmu pemahaman yang cukup serta diajauhkan dari masalah syaitan yang terkutuk.

Doa Sebelum Berguru dan Sesudah Berguru Sesuai Tuntunan Rasul Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina

Doa Sebelum Berguru dan Sesudah Berguru Sesuai Tuntunan Rasul

Facebook Comments
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here