Home Fiqih Islam Doa Menghafal Al-Quran dengan Genjah dan Mencegah Lupa

Doa Menghafal Al-Quran dengan Genjah dan Mencegah Lupa

314
0

Doa menghafal Al-Quran – Al-Quran Yaitu kitab suci yang mulia dan merupakan pedoman Hayati untuk umat Islam di seluruh Global. Membaca dan bahkan mendengarkannya aja kita mendapatkan pahala dan keutamaannya. Apalagi bila kita Bisa menghafalnya (hafidz), maka insyaallah kita akan Empati mulia berkat Al-Quran Itu.

Jadi penghafal Al Quran sendiri tidaklah mudah. Banyak hal-hal yang wajib diperhatikan supaya kita Genjah menghafal Al-Quran, seperti menjaga sholat 5 waktu, tak menjalankan maksiat kepada Allah SWT, bangun untuk shalat malan, tak makan Lebih, dan lain sebagainya. Selain semua hal Itu, ada baiknya kalian mengamalkan bacaan doa untuk menghafal Al-Quran dan mencegah lupa.

Dengan mengamalkan doa ini, besar Asa hafalan kita Jadi kuat dan ayat-ayat Quran tak mudah hilang dari ingatan kita. Doa ini jelas sangat cocok untuk kalian yang kesulitan di menghafalkan Alquran. Tambah pula dengan mengamalkan shalat hifidh, yakni shalat yang dianjurkan untuk menguatkan hafalan Al Qur’an seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada Sayyidina Ali bin Abi Thablib.

Nah di bawah ini akan dibagikan teks bacaan doa untuk menghafal Al Quran di lafadz Arab dan tulisan latin lengkap beserta arti dan terjemahan bahasa Indonesianya. Doa Eksklusif untuk para penghafal Al Quran di bawah ini langsung diajarkan oleh Rasulullah SAW.

(baca juga doa diberi kecerdasan berfikir dan menghafal)

Doa Menghafal Al-Quran

saat Ali mengeluh kepada Rasulullah SAW mengenai hafalannya dan berkata, “Demi ayah dan ibuku, hafalan Alquran ini terlupakan dari ingatanku, dan aku tak mampu mengembalikan hapalan itu.”

Rasulullah SAW pun bersabda,

الَلّهُمَّ أَنْ أَسْأَلُكَ أَنْ تُلَزِّمَ قَلْبِي حِفْظَ كِتَابَكَ، كَمَا عَلَّمْتَنِيْ وَاْرُزقْنِي أَنْ أَتْلُوَهُ عَلَى النَّحْوِ الَّذِي يَرْضِيْكَ عَنّيِ…

Allahumma an as aluka an tulazzima qalbii hifzha kitabaka, kama ‘allamtanii warzuqni an atluwahu ‘alan nahwilladzi yardhiika ‘annii.

Artinya :

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu supaya memenuhi hatiku dengan hapalan akan kitab-Mu, sebagaimana Engkau mengajarkan kepadaku. Karuniakanlah kepadaku supaya Bisa membacanya sesuai dengan yang Engkau ridhai dariku.” (HR. At-Tirmidzi)

Selain bacaan doa di atas, baca pula doa menghafal Al Quran yang juga diajarkan oleh Rasulullah SAW di bawah ini:

Loading...
اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِتَرْكِ الْمَعَاصِي أَبَدًا مَا أَبْقَيْتَنِي وَارْحَمْنِي أَنْ أَتَكَلَّفَ مَا لَا يَعْنِينِي وَارْزُقْنِي حُسْنَ النَّظَرِ فِيمَا يُرْضِيكَ عَنِّي اللَّهُمَّ بَدِيعَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَالْعِزَّةِ الَّتِي لَا تُرَامُ أَسْأَلُكَ يَا أَللَّهُ يَا رَحْمَنُ بِجَلَالِكَ وَنُورِ وَجْهِكَ أَنْ تُلْزِمَ قَلْبِي حِفْظَ كِتَابِكَ كَمَا عَلَّمْتَنِي وَارْزُقْنِي أَنْ أَتْلُوَهُ عَلَى النَّحْوِ الَّذِي يُرْضِيكَ عَنِّيَ اللَّهُمَّ بَدِيعَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَالْعِزَّةِ الَّتِي لَا تُرَامُ أَسْأَلُكَ يَا أَللَّهُ يَا رَحْمَنُ بِجَلَالِكَ وَنُورِ وَجْهِكَ أَنْ تُنَوِّرَ بِكِتَابِكَ بَصَرِي وَأَنْ تُطْلِقَ بِهِ لِسَانِي وَأَنْ تُفَرِّجَ بِهِ عَنْ قَلْبِي وَأَنْ تَشْرَحَ بِهِ صَدْرِي وَأَنْ تَغْسِلَ بِهِ بَدَنِي فَإِنَّهُ لَا يُعِينُنِي عَلَى الْحَقِّ غَيْرُكَ وَلَا يُؤْتِيهِ إِلَّا أَنْتَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ

Artinya :

Ya Allah, rahmatilah aku untuk meninggalkan kemaksiatan selama Engkau masih menghidupkanku, dan rahmatilah aku untuk tak memperberat diri dengan sesuatu yang tak bermanfaat bagiku, berilah aku rizki berupa kenikmatan mencermati perkara yang mendatangkan keridha’an-Mu kepadaku. Ya Allah, wahai Pencipta langit dan bumi, wahai Zat yang mempunyai keagungan dan kemuliaan serta keperkasaan yang tak Sempat Demisioner. Aku memohon kepada-Mu ya Allah, wahai Zat yang Maha Pengasih, dengan Kebesaran-Mu dan cahaya Wajah-Mu supaya mengawasi hatiku untuk menjaga Kitab-Mu, sebagaimana Engkau telah mengajarkannya kepadaku, dan berilah aku rizki untuk senantiasa membacanya hingga membuat-Mu ridha kepadaku. Ya Allah, Pencipta langit dan bumi, Zat yang mempunyai kebesaran, kemulian dan keperkasaan yang tak Sempat Demisioner. Aku memohon kepada-Mu ya Allah, wahai Zat yang Maha pengasih, dengan Kebesaran-Mu dan cahaya Wajah-Mu supaya Engkau menerangi Etos mataku dengan Kitab-Mu dan melancarkan lidahku, lenyapkanlah kesusahan dari hatiku, lapangkanlah dadaku dan basuhlah badanku dengan Al-Qur’an, sesungguhnya tak ada yang Bisa membantuku untuk mendapatkan kebenaran selain Engkau, dan juga tak ada yang Bisa memberi kebenaran itu selain Engkau. tak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

Nah itulah doa menghafal Al-Quran dengan Genjah dan tak mudah lupa sesuai ajaran Rasulullah SAW. Bacalah doa di atas sebelum proses menghafal atau Bisa kapan aja dan yakinlah insyaallah kita akan lebih mudah di menghafal ayat-ayat di Al Quran dan ingatan mengenai Al Quran akan kuat dan tak akan mudah hilang. Dan yang terpenting jangan lupa mengamalkan doa sebelum membaca Al Quran. Wallahu a’lam.

Doa Menghafal Al-Quran dengan Genjah dan Mencegah Lupa

Facebook Comments
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here