Home Berita Islam Terbaru Bawaslu akan Tindak Buzzer yang Mainkan Isu SARA di Pemilu

Bawaslu akan Tindak Buzzer yang Mainkan Isu SARA di Pemilu

32
0

ceramahterbaru.net.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memastikan akan menindak buzzer atau pendengung yang melontarkan isu suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) di media sosial selama tahapan Pemilu 2024. Akun buzzer yang kedapatan memainkan isu pemecah masyarakat itu dipastikan bakal diblokir.

“Seandainya (ada akun) yang menyerang keyakinan seseorang, menyerang pribadi calon anggota legislatif, calon-calon presiden, itu kita take down,” Perkataan Ketua Bawaslu Rahmat Bagja kepada wartawan di Jakarta Pusat, Senin (19/9/2022) malam.

Bagja Menyebut, untuk menindak akun-akun yang memainkan isu SARA, pihaknya bekerja Serupa dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Pemblokiran dilakukan oleh Kominfo. Adapun Bareskrim bakal menindaklanjuti unsur pidananya.

“akan tetapi, tindak pidana itu yang terakhir lah. Yang penting kan dicegah untuk tak muncul. Yang namanya media sosial kan dimatikan satu, muncul seribu,” ujarnya.

Pihaknya juga akan menjalin kerja Serupa dengan platform media sosial seperti Facebook, WhatsApp, dan lainnya, untuk mencegah File SARA berseliweran di jagat maya.

Loading...


Bagja memastikan, pemblokiran akun akan dilakukan tanpa pandang bulu. Semua akun yang bermain isu SARA, walaupun punya pengikut banyak, pasti ditindak. “Jangan takut. Mau punya follower 25 juta, Seandainya dia menyerang keyakinan orang lain, (maka diblokir),” ujarnya.

Bagja jelaskan, penindakan terhadap akun yang memainkan isu SARA tak hanya dilakukan di masa kampanye, November 2023-Januari 2025 aja. Penindakan akan dilakukan di semua tahapan Pemilu 2024.

“Di luar masa kampanye, buzzer boleh menyerang keyakinan keagamaan seseorang? Kan tak boleh juga. Itu Serupa aja perangnya abu, nanti pas kampanye benar-benar Geothermal,” ujarnya.

Bagja pun meminta Komisi Pemilihan Generik (KPU) membuat regulasi yang mengatur aktivitas kampanye di media sosial. Regulasi itu diharapkan Bisa mencegah munculnya File SARA dan File promosi calon sebelum masa kampanye. [Republika]

Bawaslu akan Tindak Buzzer yang Mainkan Isu SARA di Pemilu

Facebook Comments
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here