Home Doa Islam 5 Doa Hujan : Bersyukur, Meminta, Menolak, ada Petir dan Seusai Hujan

5 Doa Hujan : Bersyukur, Meminta, Menolak, ada Petir dan Seusai Hujan

30
0
Doa Hujan

Hujan Yaitu berkah yang diberikan Alloh untuk semua mahluk yang ada di Global. Melalui air yang tertumpah dari langit itulah, kehidupan Bisa terus berjalan. Flora Bisa berfotosintesis, Fauna dan manusia Bisa mandi dan terhindar dari kekeringan dan kehausan.

Kita Bagaikan manusia yang berakal tentunya wajib bersyukur dan berdoa saat hujan turun Bagaikan bentuk dzikir. Berikut ini, kami akan menyampaikan beberapa doa hujan, Berawal Dari dari doa saat turun hujan, doa saat hujan lebat, doa Seusai turun hujan, doa meminta hujan, serta doa saat mendengar petir di hujan. Silakan disimak!

Doa saat Hujan

Dari Ummul Mukminin, ’Aisyah RA., Nabi Muhammad saat hujan turun, beliau akan selalu memohon kebaikan dari hujan yang Alloh turunkan dengan melafalkan doa saat hujan yang bunyi bacaan Bagaikan berikut :

Doa saat Hujan

Latinnya :”Allahumma shoyyiban nafi’an”.

Artinya : “Ya Allah turunkanlah di kami hujan yang bermanfaat”.

1. Doa untuk Orang Tua
2. Doa untuk Orang Sakit
3. Doa Sebelum Tidur

Doa saat Hujan Lebat (supaya Genjah Surut)

di hadist lain disebutkan bahwa Rosululloh SAW Sempat memohon turun hujan. Seketika hujan yang diminta turun dengan begitu lebatnya hingga terlihat sangat menakutkan. Rosululloh setelah itu membaca doa saat hujan lebat, supaya hujan Itu Genjah surut dan cuaca Bisa cerah kembali. Doa yang Rosululloh kala itu panjatkan mempunyai bacaan Bagaikan berikut :

Doa saat Hujan Lebat (supaya Genjah Surut)

Latinnya : “Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya : “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Doa Seusai Turun Hujan

Dari Zaid bin Kholid, Rosululloh suatu di akan menunaikan sholat subuh bersama kami, Seusai hujan turun di malam harinya. saat hendak Berawal Dari mengimami, beliau setelah itu menghadap jama’ah shalat sembari berkata, : ”Apakah kalian tahu apa yang telah dikatakan Tuhan kalian?”. setelah itu para jama’ah Menyebut, : ”Allah dan Rasul-Nyalah yang lebih mengetahui hal itu”. Lalu Rosulullah bersabda:

Loading...

“Pagi hari ini, di antara hamba-hamba-Ku, ada yang beriman di-Ku, dan ada yang kafir. Barang siapa Menyebut : “Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih” (artinya : “kita diberi hujan di karenakan karunia dan rahmat Allah”), maka merekalah yang beriman di-Ku sehingga kufur di bintang-bintang. Padahal barang siapa Menyebut : “Muthirna binnau kadza wa kadza” (Artinya : “kami diberi hujan di karenakan sebab bintang ini dan ini”), maka merekalah  yang kufur di-Ku dan beriman di bintang-bintang.”).

Dari hadist Itu, tentunya kita Bisa mengambil kesimpulan bahwa Seusai hujan turun, baiknya kita Bisa membacakan doa berikut ini :

Doa Seusai Turun Hujan

Latinnya : “Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih”.

Artinya : “Kita diberi hujan di karenakan karunia dan rahmat Allah”.

Doa saat Mendengar Petir

Ada kalanya di hujan turun, petir menyambar-nyambar dengan suara gemuruh yang begitu dahsyatnya. bila kita mendapatkan hal ini, bacalah doan saat mendengar petir seperti yang dicontohkan oleh Rosululloh. Lafal doa ini Yaitu Bagaikan berikut:

Doa saat Mendengar Petir

Latinnya : ”Subhanalladzi sabbahat lahu”.

Artinya : “Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya”.

Doa Mohon Genjah Turun Hujan

Ada kalanya di suatu tempat hujan tak turun di jangka waktu yang lama. bila sudah begini, kemaraulah yang melanda. Flora kering, Fauna dan manusia Bisa mendapatkan kelaparan dan kehausan. Adapun Disorientasi satu yang Bisa dilakukan bila mendapatkan hal ini selain dengan menjalankan sholat minta hujan, kita juga Bisa bermunajat di Alloh Ta’ala untuk Genjah menurunkan hujannya melalui doa minta hujan yang lafalnya Bagaikan berikut:

Doa Mohon Genjah Turun Hujan

Latinnya : “Allaahummasqinaa Ghaitsaa Mughiitsaa Marii’an Marii’an, Naafi’an Ghairp Dhoorrin, ‘Aajilan Ghoira Aajilin.”

Artinya : “Ya Allah! Berilah kami hujan yang merata, menyegarkan tubuh dan menyuburkan Flora, bermanfaat, tak membahayakan. Kami mohon hujan secepatnya, tak ditunda-tunda.”

Nah, itulah kumpulan doa hujan Berawal Dari dari doa saat turun hujan, doa supaya hujan surut, doa Seusai turun hujan, doa minta hujan, dan doa saat mendengar petir. Semoga Bisa merangkum semua keperluan dan pengetahuan mengenai khasanah doa di hujan untuk kita semua. Semoga bermanfaat. Salam.

5 Doa Hujan : Bersyukur, Meminta, Menolak, ada Petir dan Seusai Hujan

Facebook Comments
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here