Udzur Yang Membolehkan tak Melaksanakan Shalat Jumat dan Jamaah

Fiqih Islam – Melaksanakan sholat jumat di masjid serta mengerjkan shalat 5 waktu dengan berjamaah di masjid / musholla Yaitu hal yang bagus dan sangat dianjurkan di islam. bahkan dikatakan di hadist bahwa barang siapa tak mengerjakan shalat sema tiga kali berturut turut maka ALLAH SWT akan mengunci mata hatinya. Padahal sholat wajib lima waktu dengan berjamaah diganjar dengan pahala berlipat lipat Yaitu 27 derajat.

Nah, berbicara mengenai sholat jumat dan shalat berjamaah. kali ini akan kita bahas mengenai udzur udzur atau alasan yang membolehkan kita untuk meninggalkan dan tak melaksanakan sholat jumat dan sholat jamaah. dengan sebab sebab Itu, maka kalian diperkenankan untuk tak menghadiri sholat jumat dan sholat wajib berjamaah di masjid.  simak ulasan lengkapnya dibawah ini yang diambil dari terjemahan kitab fiqih Muqoddimah al-Hadromiyah . . .

Baca juga : Siapa Yang Lebih Berhak Jadi Imam Shalat Berjamaah ?

Udzur Yang Membolehkan tak Melaksanakan Shalat Jumat dan Jamaah :

– Udzur udzur (halangan) shalat jumat dan jamaah dimana kita diperkenankan untuk tak menghadirinya Yaitu di turun hujan dimana hujan Itu Bisa membasahi bajunya dan tak menemukan payung atau alat lainnya untuk berteduh.

– Sakit yang memberatkannya untuk melaksanakan ibadah sholat jumat serta merawat orang sakit yang tak ada perawatnya.

– Halangan lain Yaitu adanya kerabat yang mendekati kematiannya, bagus ia tak terhibur atau terhibur dengan kematiannya. yang seperti kerabat Yaitu istri, ipar, budak, teman, guru, tuan yang membebaskannya dari perbudakan dan budak yang dibebaskan.

– Termasuk halangan juga ialah khawatir atas jiwanya atau kehormatannya atau hartanya dan takut menemui orang yang dia berhutang padanya sedang ia tak mampu membayar, dan apabila ia mengharapkan maaf dari orang yang akan menghukumnya.

– Menahan hadast (kencing/kentut/buang air besar) Padahal waktunya lapang.

– tak adanya pakaian yang layak

– Tertidur

– Angin yang bertiup kencang diwaktu malam.

– Merasa sangat lapar, haus dan dingin.

– Adanya lumpur dan cuaca yang sangat Geothermal diwaktu dhuhur.

– Bepergian di rombongan.

– Makan Boga yang berbau busuk bagus di keadaan mentah ataupun sudah dimasak Padahal baunya tak Bisa dihilangkan.

– Menetesnya air dari atap pasar yang dilaluinya Futuristis sholat jumat/jama’ah.

– Terjadinya gempa bumi.

demikian mengenai hal hal yang Jadi sebab dibolehkannya kita tak mengerjakan shalat jumat dan sholat berjamaah. selain dari di udhur syar’i, maka kita diwajibkan mengerjakan shalat jum’at dan sangat dianjurkan sholat lima waktu berjamaah di masjid. wallahu a’lam.

Udzur Yang Membolehkan tak Melaksanakan Shalat Jumat dan Jamaah

Facebook Comments

Leave a Reply