Tafakur Rasulullah di Gua Hira Tiap Ramadhan

ceramahterbaru.net – SEBELUM usia Nabi shallallahu alaihi wa sallam tiba empat puluh tahun, dia sangat suka menyendiri di karenakan tutorial seperti itu membuat akal jernih, Heroisme tenang, dan Mengakses peluang untuk bertafakkur mengenai alam semesta dan makhluk ciptaan-Nya, dan keagungan Allah. Dia menyendiri di gua Hira di bulan Ramadhan setiap tahun.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam menjalankan itu di karenakan di kehidupan kaumnya mengandung kesesatan yang nyata dari penyembahan terhadap berhala dan sujud kepadanya. Kecintaannya untuk menyendiri semakin kuat begitu masa kenabian semakin mendekat dan bila pulang, dia menjalankan thawaf di Kabah setelah itu kembali ke rumahnya.

Banyak dalil-dalil yang menganjurkan untuk uzlah (mengasingkan diri) demi menyelamatkan diri atau menghindari masyarakat yang banyak terjadi maksiat, kebidahan, dan pelanggaran agama. Di antaranya sabda Nabi Shallallahualaihi Wasallam:

Loading...

Sebaik-bagus manusia saat berhadapan dengan hal yang merusak (fitnah) Yaitu orang yang memegang tali kekang kudanya menghadapi musuh-musuh Allah. Ia menakuti-nakuti mereka, dan mereka pun menakut-nakutinya. Atau seseorang yang mengasingkan diri ke lereng-lereng gunung, demi menunaikan apa yang Jadi Copyright Allah (HR. Al-Hakim, 4: 446. Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani di Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, no. 698).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tafakur Rasulullah di Gua Hira Tiap Ramadhan

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply