Sri Mulyani: Indonesia wajib Waspada!

Berita Islam 24H – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengakui kondisi perekonomian global wajib membuat Indonesia waspada terhadap tingginya dinamika yang terjadi.
Hal yang paling Jadi sorotannya Yaitu penyesuaian terhadap pola pengambilan kebijakan di Amerika Serikat di kepemimpinan Presiden Donald Trump. Setidaknya, dinamika perekonomian global masih wajib diwaspadai hingga Anemia lebih sembilan bulan ke depan, tepatnya hingga ada keputusan kenaikan suku bunga acuan Fed Fund Rate.
Dia mencontohkan pula bagaimana Trump, Sang Presiden AS, hanya di panggilan telepon mengaku mendapat persetujuan Raja Salman dari Arab Saudi untuk melonjakkan Pembuatan minyak hingga 2 juta barel per hari. Hal Itu memang disampaikan Trump melalui akun Twitter miliknya akhir pekan lalu.
“Perubahan ini, adjusment yang terjadi di AS masih akan berjalan terus dan reaksi dari negara-negara yang mendapatkan kebijakan terutama di bidang perdagangan juga sedang dimulai,” Perkataan Sri Mulyani di Gedung DPR, Senin (2/7/2018).
“Artinya Indonesia wajib mewaspadai bahwa terjadi suatu dinamika yang sangat tinggi antara negara-negara barat dan Republik Rakyat Tiongkok, dan itu dampaknya menimbulkan spill over,” tambahnya.
Dia meramalkan, normalisasi kebijakan perdagangan global masih akan terus berlanjut. Oleh di karenakan itu, pemerintah akan melihatnya, di konteks menjaga perekonomian nasional, dengan cara jangka panjang.
Sri Mulyani Menyebut akan terus bekerja Serupa dengan OJK, Bank Indonesia, dan LPS untuk melihat menyeluruh neraca saldo (balance sheet)hingga ke neraca rumah tangga.
“Kami akan lihat mana yang mempunyai kemungkinan terkena expose dari pergeseran perekonomian global ini dan dampaknya seperti apa,” ujar dia.
Dia mengibaratkan kondisi perekonomian global di ini seperti bumi yang sedang menemui pergeseran di lapisan paling di dan menciptakan gempa. Maka dari itu, Indonesia membutuhkan bangunan yang kuat di menghadapi itu semua.
“Seperti menghadapi gempa bumi, Seandainya bangunan fondasi cukup fleksibel, barangkali meja bergeser, furniture jatuh, namun fondasi tetap bagus. Ini kami coba lakukan, menciptakan satu fleksiblitas,” tandasnya. [b-islam24h.com / cnbcindonesia]

Loading...
Advertisement

Sri Mulyani: Indonesia wajib Waspada!

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply