Soal Registrasi SIM Card, Pengamat: Jangan Pandai Mengancam

Soal Registrasi SIM Card, Pengamat: Jangan Pandai Mengancam
Berita Islam 24H – Masa tenggang kewajiban registrasi untuk pelanggan SIM Card prabayar telah Demisioner di 28 Februari 2018, kemarin. Namun ternyata masih ada sebagian masyarakat yang belum melakukannya.
Data yang disampaikan Kominfo per pukul 12.52 WIB di Rabu 28 Februari 2018, jumlah SIM Card yang telah teregistrasi sekitar 305 juta dari jumlah Keseluruh sebanyak 376 jutaan.
Menurut pengamat telekomunikasi, Ridwan Effendi, Disorientasi satu penyebabnya Yaitu keraguan di tengah masyarakat soal adanya kebocoran data pribadi. Ia menyarankan supaya pemerintah terus meyakinkan masyarakat bahwa data yang diberikan terjamin keamanannya.
“Seandainya saya lihat di media di karenakan ragu-ragu itu. Jadi pemerintah itu jangan pandai mengancam diblok tapi wajib meyakinkan bahwa data yang diregistrasikan itu aman. Itu kuncinya. Jangan hanya pinter mengancam tapi (wajib) menjamin keamanan itu,” ujar Ridwan di dihubungi detikINET, Kamis (1/3/2018).
Selain itu Ridwan juga turut menyoroti proses verifkasi NIK dan KK yang wajib melalui Dukcapil. tutorial itu dinilainya memberatkan kepada masyarakat, terlebih masyarakat yang berada di kawasan terpencil.
Sementara itu, di kesempatan terpisah, Direktur Eksekutif Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Sutrisman, Menyebut bahwa masyarakat seharusnya tak ragu untuk menjalankan registrasi.
Ia jelaskan bahwa di kalangan operator seluler sendiri telah mempunyai kewajiban untuk menjaga keamanan data pelanggannya. setelah itu dengan cara teknis mereka juga terikat di sertifikat ISO 27001 yang Disorientasi satu syaratnya Yaitu perilindungan data pribadi.
“Masyarakat ini mungkin wajib diingatkan lagi ayo daftar, tak usah ragu. tak mungkin perlindungan data pribadinya diabaikan. Telekomunikasi operator pun oleh undang-undang diwajibkan merahasiakan data pelanggan, ancaman hukumanya tak ringan. setelah itu dengan cara teknis dia memakai ISO 27001. Itu sudah di-proof sekali,” ujarnya belum lama ini. [b-islam24h.com / detik]

Loading...

Soal Registrasi SIM Card, Pengamat: Jangan Pandai Mengancam

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply