Sejumlah Keanehan Konstruksi Selasar Gedung BEI yang Roboh

Sejumlah Keanehan Konstruksi Selasar Gedung BEI yang Roboh
Berita Islam 24H – Robohnya selasar mezanin Tower 2 Gedung Bursa Imbas Indonesia (BEI) menimbulkan pertanyaan, mengenai letak kesalahan bangunan hingga Bisa ambruk dan memakan ratusan korban.
Menurut Ahli konstruksi bangunan, Herry Moelyanto berdasarkan hasil rekaman video detik-detik selasar Itu roboh, terlihat ada kejanggalan dari konstruksi mezanin Itu. bila dibangun dengan benar, lanjut Herry, lantai gedung per meter persegi mampu menahan beban hingga 300 kilogram atau sekitar 5-6 orang.
“Tapi ini hanya 2 orang ambruk, ada sesuatu yang tak sesuai perencanaan,” Perkataan Herry kepada Okezone, Selasa (16/1/2018).
Dilihat dari video, gantungan baja yang menahan selasar Itu terlebih Dulu patah. Hal ini menurut Herry wajib diselidiki, apakah baja menemui kelelahan (fatique) atau memang ada Disorientasi kalkulasi desain.
Hal aneh lainnya menurut Herry Yaitu, mezanin itu dibangun ‘menempel’ dengan bangunan utama alias bukan lantai memukim. “tak kontiniu, bangunan tempelan, baja H beam jebol juga, aneh juga kerena disain tak homogen, dari awal harusnya menyatu. Dicor lalu dipasang balok panjang sepertiga maksimum, itu tak terlalu lebar, kenapa kok dipsanag baja? untuk saya aneh kenapa seperti itu? Angkurnya enggak kuat,” kritik Herry.
Menurut Herry lagi, jumlah mahasiswa atau beban di mezanin itu ambruk tak seberapa. “Enggak seberapa itu, harusnya kuat sekali, apalagi beton semua. Harusnya pasang H beam dan pake angkur, kok pakai baja, mungkin dicek ke konsultan perencana, pengawas dan pelaksananya,” Perkataan Herry. [b-islam24h.com / okezone]

Loading...

Sejumlah Keanehan Konstruksi Selasar Gedung BEI yang Roboh

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply