Sebaik-bagus Rumah

ceramahterbaru.net – Sejatinya setiap orang mengidamkan rumah yang bagus di membina keluarga. Nabi Muhammad SAW berpesan, ada empat indiktor kebahagiaan seseorang, yakni istri salehah, tetangga yang bagus, kendaraan yang nyaman, dan rumah yang lapang (HR Ahmad).

Namun demikian, rumah bukanlah sekadar bangunan fisik yang indah dan luas serta dilengkapi aksesori bernilai tinggi. Sebab, ia Yaitu wadah kaderisasi di melahirkan insan beriman dan beramal saleh yang berhias keadaban.

Keutamaan suatu rumah ditentukan oleh pancaran cahaya keimanan yang menerangi lingkungan sekitarnya. Nabi SAW mengingatkan supaya rumah kita jangan Jadi kuburan di karenakan tiada shalat dan lantunan Alquran di dalamnya (HR Bukhari).

Oleh sebab itu, rumah atau keluarga yang bagus (khair al-usrah) Yaitu saat kehadirannya Jadi inspirator, motivator, dan fasilitator kesuksesan orang lain, terutama anak yatim dan miskin (dhuafa). “Sebaik-bagus rumah kaum Muslimin Yaitu rumah yang di dalamnya ada anak yatim yang diperlakukan dengan bagus. Dan seburuk-buruk rumah kaum Muslimin Yaitu rumah yang menampung anak yatim akan tetapi diperlakukan dengan buruk.” (HR Ibnu Majah).

Loading...

Pesan Nabi SAW Itu mengisyaratkan dua hal penting. Pertama, keberadaan yatim hakikatnya Jadi jalan meraih surga dan rumah yang menampungnya akan dilimpahi keberkahan. Memuliakan mereka seperti anak sendiri dan memberi makan seperti Boga kita (HR Ibnu Majah).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Sebaik-bagus Rumah

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply