Rajab Bulannya Allah, Isilah dengan Banyak Bersyukur dan Istighfar

ceramahterbaru.net – Bulan Rajab merupakan bulan yang istimewa untuk umat Islam. Sangat banyak kebaikan di bulan yang penuh rahmat ini.

Nabi Muhammad di di hadistnya menyatakan bahwa Rajab bulannya Allah, Sya’ban bulanku (Nabi Muhammad), dan Ramadhan Yaitu bulan umatku.

Melalui makna rajab dengan cara etimologi dan hadist Nabi, maka bulan Rajab merupakan bulan yang seharusnya umat muslim mengunakannya untuk banyak-banyak bersyukur kepada nikmat Allah, banyak beristighfar, dan berpuasa.

Habib Abdurrahman bin Umar al-Habsyi, Hadramaut (782 H) Menyebut, hakikat syukur ialah tampak di hatimu suka bersama Allah, dan bahagia bersama nikmat dan karunia-Nya, setelah itu engkau mengimplementasikan di bentuk amal kewajiban yang telah diberikan-Nya, dengan demikian hal Itu akan terbawa di kebahagiaan pula di seluruh anggota badanmu, hatimu dan juga perkataanmu.

Definisi Itu membagikan kesan bahwa syukur itu menerima semua pemberian Allah diriingi takwa sehingga tak ada keinginan mengeluh di dirinya.

Sebagaimana Rasul bersabda,



Sesungguhnya Allah ridha kepada seorang hamba yang makan makanannya dengan rasa syukur kepada Boga Itu, dan seorang hamba yang minum minumannya dengan rasa syukur kepada minuman Itu.”

Loading...

Bisa disimpulkan bahwa di bulan Rajab dianjurkan memperbanyak memuji Allah SWT dan memperbanyak doa. di karenakan doa yang diijabah oleh Allah Yaitu doa yang diawali dengan pujian terhadap nama-nama terbaiknya. Sebagaimana hal ini termaktub di di QS al-A’raf ayat 180:

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ

Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan Menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran di (Menyebut) nama-nama-Nya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Rajab Bulannya Allah, Isilah dengan Banyak Bersyukur dan Istighfar

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply