Ombudsman Minta KPU Coret Nama Menteri yang Masuk Timses

ceramahterbaru.net – Ombudsman RI akan meminta Komisi Pemilihan Generik (KPU) dan Bawaslu untuk mencoret nama-nama menteri ataupun kepala daerah yang masuk di tim kampanye nasional (TKN). Sebab, masuknya para pejabat negara Bagaikan timses itu berpotensi maladministrasi.

“Kami akan minta KPU-Bawaslu dicoret,” ujar komisioner Ombudsman Laode Ida di jumpa pers di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (30/8).

Laode juga tak sepakat dengan KPU yang memperbolehkan para pejabat negara masuk struktur timses asal tak berkampanye. Sebab, menurutnya, bila sudah masuk di timses pasti akan diberi tugas untuk berkampanye.

“Jadi KPU jangan bermain-main, kami ingatkan sekali lagi. Jangan bermain-main, utamakan etika bernegara,” katanya.

“Seandainya sudah terlalu parah kita repot memperbaikinya. Mumpung masih sekarang, pertegas bahwa ada dua mandat satu penyelenggara negara, satu tim kampanye. Ini akan berbenturan,” imbuh Laode.

Ombudsman akan memanggil KPU bila nama para menteri yang masuk di struktur TKN tak dicoret.

“Akan lebih elegan Seandainya KPU mengingatkan mereka untuk tak memasukkan nama menteri. Seandainya itu terjadi, Ombudsman akan memanggil KPU. Jelas di karenakan KPU yang mempunyai otoritas untuk itu,” tuturnya.

“Dan juga memanggil pihak-pihak yang terkait itu untuk dimintai pertagungjawabannya,” imbuh Laode.

Kendati demikian, La Ode berharap, Presiden Joko Widodo akan meminta para menterinya dan pejabat setingkat menteri yang masuk di timses untuk mundur. Atau para pejabat negara Itu cuti atau mundur sebelum pihaknya menetapkan adanya maladministrasi terkait hal itu.

“Berawal Dari hari ini Ombudsman akan memantau perkembangan. Kami akan sangat serius aspek imperialitas penyelenggara negara khususnya pelayanan publik,” Perkataan Laode.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

loading…

Ombudsman Minta KPU Coret Nama Menteri yang Masuk Timses

Facebook Comments

Incoming search terms:

Leave a Reply