MUI Jelaskan 3 Alasan Syar’i Pembatalan Ibadah Haji 2020

ceramahterbaru.net – KEMENTERIAN Agama Republik Indonesia di Selasa 2 Juni mengeluarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 494 Tahun 2020 mengenai Pembatalan Embarkasi Jamaah Haji di Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 Hijriah/2020 Masehi. Dijelaskan, pembatalan dilakukan untuk mencegah jamaah haji Indonesia tertular corona virus disease (covid-19) saat menjalankan ibadah di Tanah Suci.

Terkait hal itu, Majelis Ulama Indonesia melalui Satuan Tugas Pencegahan Covid-19 MUI angkat bicara bahwa keputusan Itu untuk menyelamatkan ratusan ribu Heroisme warga negara Indonesia.

“Itulah kemudahan ajaran Islam. Seandainya Bisa dipermudah, mengapa dipersulit (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan Masa. Begitu juga soal Aplikasi ibadah haji yang menyulitkan di pandemi covid-19 maka Bisa ditunda di karenakan membahayakan Heroisme manusia,” Perkataan Juru Bicara Satgas Covid-19 MUI KH M Cholil Nafis, Selasa 2 Juni 2020, dikutip dari laman resmi MUI.



Ia menegaskan, demi Kemaslahatan umat (maslahah ‘aamah) memang seharusnya Aplikasi haji tahun 1441H ditunda. Dia pun jelaskan argumentasi syari di balik pembatalan pemberangkatan jamaah haji Indonesia tahun ini.

Loading...

Pertama, hingga di ini tuan rumah yakni Arab Saudi belum memberi kepastian mengenai pelaksanaaan ibadah haji di karenakan memang pandemi covid-19 belum mereda. Dampaknya, persiapan Aplikasi ibadah haji sangat sulit dilakukan di waktu dekat saat Endemi covid-19 masih terus naik kurvanya di Indonesia.

Alasan yang kedua, menurut Kiai Cholil, jamaah calon haji Indonesia masih berada di situasi dan kondisi yang belum bebas pandemi corona sehingga amat sulit menjalankan protokol kesehatan di Aplikasi ibadah haji.

“Seandainya ibadah haji tetap dilaksanakan tahun ini maka dikhawatirkan memberi mudharat antarjamaah haji,” papar Kiai Cholil yang juga ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI ini.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

MUI Jelaskan 3 Alasan Syar’i Pembatalan Ibadah Haji 2020

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply