MUI Garut Mediasi Para Pihak Terkait Penolakan Bachtiar Nasir

MUI Garut Mediasi Para Pihak Terkait Penolakan Bachtiar Nasir
Berita Islam 24H – Rencana kehadiran Bachtiar Nasir di Garut, Jawa Barat, Sabtu (11/11/2017) mendatang mendapat penolakan dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Garut. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Garut Bagaikan penengah masalah ini menggelar pertemuan dengan kedua belah pihak.
Pertemuan itu digelar tertutup di Disorientasi satu ruangan di kantor MUI Garut yang terletak di Jalan Otista, Tarogong Kidul, Selasa (7/11/2017) siang. Selain pihak panitia dan PCNU Garut, sejumlah perwakilan dari TNI dan polisi terlihat di pertemuan Itu. Beberapa perwakilan pemerintah daerah juga hadir.
Ketua MUI Garut KH Sirojul Munir menceritakan permasalahan Itu.
“Akan ada acara tablig akbar tanggal 11 November nanti, dan panitia rencananya menghadirkan penceramah itu di antaranya Bachtiar Nasir. Nah ini mendapat tanggapan dari PCNU Garut. Tanggapannya menolak,” ujar Munir di kantor MUI Garut, Selasa (7/11).
Munir jelaskan penolakan yang dilakukan pihak NU Itu bukan penolakan terhadap tablig akbar yang rencananya digelar di Masjid Agung Garut, melainkan terhadap tokoh yang mengisi acara Itu.
Munir Menyebut bila Bachtiar Nasir mengisi acara tablig akbar Itu, pihak NU khawatir akan ada reaksi dari jemaah NU di Garut.
“Kami telah menyampaikan saran dan pendapat kami (ke NU), bagaimana Seandainya Bachtiar Nasir ada kesanggupan untuk tak menyampaikan materi yang menghujat orang lain. akan tetapi mereka kemarin tetap menolak. Itu sementara,” ungkapnya.
Meskipun mendapat penolakan dari pihak NU, Munir jelaskan panitia tablig akbar akan tetap menggelar acara sesuai agenda.
“Artinya panitia tetap sesuai dengan agenda. Tempat, waktu termasuk penceramah. Kekeuh istilahnya,” Perkataan Munir.
Kendati begitu, MUI beserta kedua pihak yang Antagonis pendapat hingga di ini masih menjalankan komunikasi terkait masalah ini.
“Kedua pihak menginginkan Garut tetap kondusif,” ucap Munir.
Sementara itu berdasarkan pantauan detikcom di kantor MUI Garut, pertemuan Itu dihentikan sementara dan akan kembali dilanjut sore ini di kantor PCNU Garut, Jalan Suherman, Tarogong Kaler.
detikcom sudah menghubungi Bachtiar Nasir sejak pagi tadi. Namun telepon dan pesan singkat yang dilayangkan, belum berbalas. [beritaislam24h.info / dtk]

MUI Garut Mediasi Para Pihak Terkait Penolakan Bachtiar Nasir

Facebook Comments

Leave a Reply