Home Berita Islam Terbaru Manfaat menangis ; tangisan Iman Bisa memadamkan api neraka

Manfaat menangis ; tangisan Iman Bisa memadamkan api neraka

124
0

Air mata atau menangis selalu diidentikkan dengan kesedihan, bahkan untuk kaum pria menangis dianggap Bagaikan pantangan. Sesungguhnya dengan menangis mempunyai manfaat positif, bagus untuk kesehatan fisik, spiritual ataupun psikologis.

Air mata berasal dari kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi untuk membersikan mata. Perkataan lakrimasi juga Bisa digunakan merujuk di menangis. Emosi yang kuat juga Bisa menyebabkan menangis, walaupun kembanyakan mamalia darat mempunyai sistem lakrimasi untuk membiarkan mata mereka basah, manusia Yaitu mamalia satu-satunya yang mempunyai emosi air mata.

bila emosi kita sedang tak stabil, rasa sedih dan ingin menangis biasanya muncul. di hal Itu terjadi, jangan tahan tangis kita, di karenakan menangis merupakan luapan emosi yang sangat wajar dan sehat. Selain sarana untuk meluapkan emosi, menangis mempunyai manfaat lain, Yaitu:
Membersihkan mata

Fungsi utama air mata Yaitu membuat indera penglihatan kita Jadi lebih jelas. tak hanya membasahai bola mata dan kelopak mata, akan tetapi juga mencegah dehidrasi membran yang ada disekitar mata. di mengeluarkan air mata, mata kita sebenarnya sedang di proses pembersihan. Hal itu membuat kotoran yang menempel di mata Empati keluar melalui air mata dan mata pun Jadi Higienis.

Membunuh bakteri
Air mata mengandung lysozyme, Yaitu cairan yang Bisa membunuh 0 – 95 persen bakteri di waktu 5 hingga 10 menit. Jadi, di kita mengeluarkan air mata, dengan cara otomatis Bisa membunuh bakteri berbahaya yang Bisa memicu iritasi di mata.

Menstabilkan mood
Apakah kita tahu kadar zat mangan di tubuh? Tingginya kadar mangan di tubuh Bisa memicu mood yang tak satabil, kekhawatiran Lebih, dan perasaan yang sensitif. Nah, dengan menangis kadar mangan di tubuh kita Bisa diturunkan dan membuatnya di keadaan normal. Selain itu, air mata yang keluar di kita di keadaan emosi, mengandung 24% protein albumin yang berfungsi membawa molekul racun keluar dari tubuh.

Menurunkan stres
Menangis Bisa membuat tingkat stres yang kita alami menurun. Hal itu di karenakan di menangis, zat kimia yang dikeluarkan tubuh kita Yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin akan berkurang. Berlaku sebaliknya, bila kita menahan tangis maka tingkat stres yang dialami akan naik dan Bisa berdampak di kesehatan seperti masalah jantung, dan tekanan darah tinggi. (wpd/wkp/jos – http://www.esqmagazine.com)
—————————————————————
Beberapa jenis tangisan
Menurut Ibnul Qayyim ada beberapa jenis tangisan antaranya ialah:
Menangis kerana Afeksi sayang dan kelembutan hati.
Menangis kerana rasa takut.
Menangis kerana cinta.
Menangis kerana gembira.
Menangis kerana menghadapi penderitaan.
Menangis kerana terlalu sedih.
Menangis kerana terasa hina dan lemah.
Menangis untuk mendapat belas kasihan orang.
Menangis kerana mengikut-Empati orang menangis.
Menangis orang munafik – pura-pura menangis.

Ada jenis tangisan nampak biasa aja akan tetapi air mata yang mengalir itu Bisa memadamkan api neraka.

Ini dikisahkan oleh Nabi di satu hadis,

Rasulullah Sallallah Alaihi Wassallam bersabda, maksudnya: “Tidaklah mata seseorang menitiskan air mata kecuali Allah akan mengharamkan tubuhnya dari api neraka.

Dan apabila air matanya mengalir ke pipi maka wajahnya tak akan dikotori oleh debu kehinaan, apabila Disorientasi satu orang dari suatu kaum menangis, maka kaum itu akan dirahmati. Tidaklah ada sesuatu pun yang tak mempunyai kadar dan balasan kecuali air mata. Sesungguhnya air mata Bisa memadamkan lautan api neraka.”

Tangisan yang dimaksudkan ialah tangisan kerana takut kepada Allah. Menangis kerana menyesal atas kesalahan dan dosa, malah tangisan takut kepada azab Allah sangat bernilai di Hepotenusa-Nya sehingga air mata itu Bisa memadamkan api neraka.

sumber https://embunrevolusi.wordpress.com

Manfaat menangis ; tangisan Iman Bisa memadamkan api neraka

Facebook Comments
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here