Home Berita Islam Terbaru KH. Aceng Zakaria: Umat Islam wajib Tahu Ekonomi Syariah dan Ekonomi Non-Syariah

KH. Aceng Zakaria: Umat Islam wajib Tahu Ekonomi Syariah dan Ekonomi Non-Syariah

82
0
121 views

KH. Aceng Zakaria: Umat Islam wajib Tahu Ekonomi Syariah dan Ekonomi Non-Syariah

BANDUNG (Ceramahterbaru.net) – Ketua Generik Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP PERSIS) KH. Aceng Zakaria, telah membagikan tausiyah sekaligus Mengakses acara Daurah Ekonomi di Jumat (14/1/2022).

Kegiatan Daurah Ekonomi yang digelar di Hotel Horison, Bandung Itu mengangkat tema “Sinergitsas Pemerintah, Ormas Islam dan Pengusaha di Mewujudkan Indonesia Pusat Syariah dan Produsen Halal Global di 2024”.

Hadir di kegiatan Itu jajaran tasykil PP PERSIS, tasykil Himpunan Pengusaha Persatuan Islam (HIPPI), beserta seluruh peserta kegiatan Daurah Ekonomi.

di sambutannya, Ketum PP PERSIS KH. Aceng Zakaria Menyebut bahwa ummat Islam dituntut untuk Bisa membedakan ekonomi syariah dan non syariah.

Oleh di karenakan itu, adanya kegiatan Dauroh Ekonomi Itu diharapkan mampu melonjakkan sektor ekonomi syariah.

“Di di hadits disebutkan, tegaknya negara itu dengan empat pilar Yaitu ilmu para ulama, adilnya para pejabat pemerintahan, dengan kedermawanan para agniyya, terakhir dengan kejujuran para pengusaha. Dengan adanya Dauroh Ekonomi ini, tentu aja Yaitu Ekonomi Syariah, maka umat Islam tentu dituntut wajib lebih tahu bagaimana ekonomi syariah dibanding dengan ekonomi yang lainnya,” terangnya.

Selanjutnya, Ustaz Aceng juga jelaskan mengenai Disparitas sistem ekonomi syariah dan non syariah. di ekonomi syariah, Perkataan dia, tak mengenal riba. Ini berbanding terbalik dengan sistem perekonomian non syariah yang memakai riba untuk mengambil keuntungan

Menurutnya, di hal ekonomi Islam, umat Islam wajib Bisa membedakan ekonomi syariah dan ekonomi non syariah. Bukan hanya sekedar peningkatan kualitas usahanya, tapi juga kesadaran Seusai meraih harta Itu.

“Seandainya menurut Yahudi jual beli dan riba itu Serupa, Serupa-Serupa untuk mendapatkan keuntungan akan tetapi tak dibenarkan oleh Al-Qur’an. di sistem pinjam meminjam Yahudi itu dihitung, Seandainya membayar hutang tepat waktu tak ada tambahan lainnya. akan tetapi Seandainya tambah waktu satu tahun, dilipat gandakan (pembayarannya) itulah riba. di Islam ditegaskan bila seseorang yang meminjam berada di keadaan yang susah, maka beri mereka waktu yang mudah. Tapi, Seandainya kita bersedekah tentu lebih bagus untuk mereka,” paparnya.

Bahkan, KH. Aceng Zakaria telah membuat buku yang berjudul “Bisnisku Ibadahku”, yang Bisa Jadi patokan masyarakat di berbisnis sehingga tak terjerumus riba yang merupakan Asterik rusaknya ekonomi

“Bisnis juga Yaitu ibadah. Inilah pegangan serta patokan bisnis di Islam, umumnya masyarakat dikita  berdagang terlebih Dulu atau Berguru Dulu. Mungkin berdagang Dulu, belajarnya nanti aja. Mestinya Berguru terlebih Dulu, baru berdagang. Mengapa? di karenakan Bisa terjerumus riba tanpa disadari, setelah itu Riba Jadi ciri ekonomi yang rusak,”  terangnya.

Oleh di karenakan itu, Ustaz Aceng berharap kepada para pengusaha PERSIS supaya Bisa Memajukan peran ekonomi syariah, sehingga di berbisnis tak individualis akan tetapi berfikir berbisnis dengan cara berjama’ah. Disorientasi satunya dengan Berawal Dari merintis 28 kios berbasis syariah, seperti yang dilakukan oleh Pimpinan Cabang (PC) Banjaran.

Loading...

“Saya mengharapkan Himpunan Pengusaha PERSIS dan Bidang Ekonomi terus Bisa Memajukan peran ekonomi di kita. Selama ini mungkin berbisnis masih individualis, usaha sendiri untuk sendiri, usaha keluarga untuk keluarga sendiri, belum berfikir berbisnis untuk berjama’ah. Di kalangan PERSIS sendiri Bisa menguatkan ekonomi, dan tak hanya meningkat ekonominya akan tetapi bagaimana zakatnya, infaknya, sedekahnya, dan wakafnya. Saya bersyukur (adanya kios) untuk terus Bisa dikembangkan dan mendapatkan kepercayaan dari ummat,” harapnya. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga Jadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

  • Sekum Persis: Umat Ini wajib bagus Ekonominya
  • Terkait Khalid Basalamah, Tokoh Muda Alkhairaat Kritik HPA dan Pemkot Palu
  • Hebat! Dua Tahun, Cendekiawan Muslim Adian Husaini Hasilkan 1000 Artikel Ilmiah
  • Muswil VII FLP Jatim, Muchlisin BK Terpilih Jadi Ketua
  • Dua Siswa SMP Muhammadiyah PK Juara Murottal Irama Nahawand
  • PC Muhammadiyah Syah Kuala Banda Aceh Kembali Adakan Kajian Rutin Ilmiah
  • Muhammadiyah Dirikan Sekolah untuk Pengungsi Palestina di Beirut
  • MUI: Khutbah Jumat Tak Boleh Lucu, wajib Berbobot dan Berkurikulum

KH. Aceng Zakaria: Umat Islam Harus Tahu Ekonomi Syariah dan Ekonomi Non-Syariah

KH. Aceng Zakaria: Umat Islam wajib Tahu Ekonomi Syariah dan Ekonomi Non-Syariah

KH. Aceng Zakaria: Umat Islam Harus Tahu Ekonomi Syariah dan Ekonomi Non-Syariah
KH. Aceng Zakaria: Umat Islam wajib Tahu Ekonomi Syariah dan Ekonomi Non-Syariah

Facebook Comments
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here