Home Doa Islam Inilah 6 Keistimewaan dan Hikmah Sholat Tahajud

Inilah 6 Keistimewaan dan Hikmah Sholat Tahajud

30
0
Sholat tahajud Yaitu Disorientasi satu shalat sunah yang sangat dianjurkan oleh Rosullulloh. Sholat ini Generik dilakukan di malam hari Seusai seseorang terjaga dari tidurnya. Ia dikerjakan paling sedikit di dua rakaat dan paling banyak di 12 rakaat. Adapun waktu yang paling utama untuk mengerjakannya ialah di sepertiga akhir malam, Yaitu sekitar jam 2 dini hari. Meski mungkin cukup berat dilaksanakan, sholat tahajud rupanya mempunyai banyak keistimewaan dan hikmah, sehingga sangat wajar bila ia digolongkan ke di jenis sunah mu’akad. Seperti apa keistimewaan dan hikmah sholat tahajud yang Bisa diperoleh seseorang yang menjalankannya? Simak uraian berikut ini!

Keistimewaan dan Hikmah Sholat Tahajud

Dibandingkan dengan berbagai jenis sholat sunah yang lain, sholat tahajud sebetulnya mempunyai banyak sekali keistimewaan. Ada banyak hikmah yang Bisa kita peroleh bila kita dengan cara rutin melaksanakan ibadah satu ini, Disorientasi satunya Yaitu kita Bisa mendapatkan ketenangan Heroisme di karenakan Bisa merasa dekat dengan Alloh di keheningan malam yang sunyi. Selain itu, wajib diketahui pula bahwa waktu sepertiga malam Yaitu waktu yang mustajab untuk berdoa, sehingga bila kita berdoa Seusai sholat tahajud, segala apa yang kita ingini insyaAlloh Bisa dikabulkan oleh-Nya.

di Al-Qur’an dan Al-Hadist, dijelaskan bahwa sholat tahajud juga Bisa membagikan banyak hikmah bila dilakukan dengan cara rutin dan dengan tutorial yang benar. Hikmah Itu antara lain Bisa dibangkitkan di tempat yang terpuji, mendapatkan kebaikan dan rahmat, dimasukan di kelompok hamba-hamba yang bagus, digolongkan Bagaikan orang yang beriman, dijanjikan surga, serta dijauhkan dari segala keburukan dan dosa.

1. Dibangkitkan di Tempat yang Terpuji

Keistimewaan sholat tahajud yang pertama Bisa dimiliki oleh orang yang rutin melaksanakannya Yaitu ia akan dibangkitkan oleh Alloh di tempat terpuji. Hal ini sesuai dengan Firman-Nya di Al-Qur’an Surat Al-Isro : 79.

Dan di sebagian malam hari, bersembahyang tahajud-lah kita Bagaikan suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu Bisa mengangkat kita kembali ke tempat yang terpuji.

2. Mendapat Kebaikan dan Rahmat dari-Nya

Hikmah sholat tahajud selanjutnya untuk orang yang rutin melaksanakan Yaitu orang Itu akan mendapatkan kebaikan dan rahmat dari-Nya. Ia akan digolongkan Bagaikan mukhsinin sesuai dengan firman Alloh di Surat Az-Zariyah : 15-18.

Sesungguhnya orang-orang bertakwa akan ada di di taman-taman surga yang bermandikan mata air, mereka Hayati sembari mengambil apa yang dikaruniakan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka di di Global Yaitu orang-orang yang berbuat bagus. Mereka sedikit tidur di malam hari. Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampunan.

Loading...

3. Dimasukan di Kelompok Hamba yang bagus

Mereka yang melaksanakan sholat tahajud dengan cara rutin juga akan dimasukan ke di kelompok hamba-hamba Alloh yang bagus. Hal ini sesuai dengan firman Alloh di Surat Al-Furqan: 63-64.

Yang termasuk di hamba-hamba Ku yang bagus Yaitu orang-orang rendah hati, apabila orang-orang jahil menyapa, mereka akan mengucapkan Perkataan-Perkataan bagus, dan orang yang melalui malam dengan bersujud untuk Tuhan mereka.

4. Pembeda dengan Para Musyrikin

Tahajud Yaitu pembeda jelas antara orang-orang muttaqin dengan orang-orang musyrikin. Inilah Disorientasi satu hikmah sholat tahajud yang disebutkan Alloh di Al-Qur’an Surat Az-Zumar: 9.

Hai orang musyrik, apakah kita yang lebih beruntung ataukah orang yang selalu beribadah di malam hari dengan sujud dan berdiri? Sedang ia takut kepada azab akhirat dan mengharapkan rahmat-Ku? Katakanlah: “Apakah Serupa orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tak mengetahui?” Sungguh, orang yang berakal-lah yang Bisa menerima pelajaran.

5. Masuk Surga

Seperti dituliskan di hadist riwayat Al-Hakim, At-Tirmizy, dan Ibnu Majah, Rosululloh Sempat bersabda bahwa orang yang rutin sholat tahajud di manusia lain terlelap tidur Yaitu orang yang pasti masuk surga.

Wahai manusia, ucapkanlah salam, berilah makan, sambunglah tali Afeksi, shalat malamlah di orang di terlelap, dan masuklah surga dengan selamat.

6. Penghapus Keburukan dan Dosa

Shalat tahajud Yaitu kebiasaan para sholihin sebelum kita. Ia merupakan sarana pendekatan manusia kepada Allah yang Bisa menghapus keburukan dan dosa serta menangkal penyakit di tubuh kita. Hal ini sesuai dengan sabda Rosulullah di hadist riwayat At-Tabarani dan Al-Hatsami.

Hendaklah kita melaksanakan sholat malam, sholat malam itu Yaitu kebiasaan orang-orang shalih sebelum kita, sarana pendekatan kepada Allah, penghapus keburukan, pencegah dosa dan penangkal penyakit di badan.

Nah, itulah keenam keistimewaan dan hikmah sholat tahajud yang Bisa kita peroleh bila kita melakukannya dengan cara rutin dan benar. Menyadari banyaknya keistimewaan dan hikmah dari sholat sunah ini, rasanya tentu akan sangat disayangkan bila kita menyia-nyiakan waktu yang tersisa di lelap tidur kita untuk tak menjalankan tahajud. untuk kita yang tertarik untuk melaksanakan sunah rosul ini dan masih belum Bisa melakukannya, kami telah menyediakan tuntunan tata tutorial sholat tahajud dengan cara lengkap di sini.

Inilah 6 Keistimewaan dan Hikmah Sholat Tahajud

Facebook Comments
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here