Gus Solah: Permasalahan Papua Sesungguhnya Dipicu Ketidakadilan Pemerintah

ceramahterbaru.net – Sejumlah ulama terpandang menyoroti aksi-aksi unjuk rasa yang sebagaian berujung kericuhan. Pemerintah diminta menyelesaikan persoalan di Papua dari akarnya.

“Permasalan Papua sebenarnya bukan sekadar peristiwa yang terjadi di Jawa Timur (asrama di jalan Kalasan, Surabaya), akan tetapi lebih dari itu Yaitu adanya ketidakadilan yang mereka rasakan Bagaikan sesama warga negara Indonesia” ujar Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Solahuddin Wahid, di Bekasi, Rabu (28/8).

Menurut Gus Solah, Papua Yaitu tanah yang kaya akan sumber daya alam, akan tetapi masyarakatnya Hayati di kemiskinan, sementara hasilnya banyak dinikmati oleh orang di luar Papua. “Ini yang membuat mereka marah,” ucap Gus Solah.



Gus Solah menambahkan, pemerintah wajib serius memperhatikan nasib rakyat Papua, Berawal Dari dari pendidikan, layanan kesehatan, dan kesejahteraan. “Jadi, bukan hanya infrastruktur, tapi juga masalah kesejahteraan, kesehatan, dan pendidikan,” Perkataan Gus Solah.

Loading...

Sementara itu, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengerahkan daya upaya dan pikiran untuk menyelesaikan masalah Papua. Sebab, menurut Din, masalah ini sangat serius untuk kehidupan kebangsaan, persatuan, dan kesatuan bangsa ketimbang pemindahan ibu kota negara.

“Maka, selesaikanlah dengan cara dialogis persuasif, namun berkeadilan. Jangan terhadap pihak ini begini, terhadap pihak lain setelah itu caranya lain. Seandainya ada ketidakadilan di menegakkan, ini juga potensial mengganggu kerukunan kehidupan bangsa, maka jangan menganggap remeh,” ujar dia di kantor Majelis Ulama Indonesia, Jakarta, Rabu (28/8).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Gus Solah: Permasalahan Papua Sesungguhnya Dipicu Ketidakadilan Pemerintah

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply