Futuristis Kongres Rakyat Sumatera

ceramahterbaru.net – HARI Minggu 26 Mei, saya diundang Bagaikan pembicara di acara buka bersama Ikatan Keluarga Minang-Bandung (Alumni Mahasiswa ITB, UNPAD dan lain-lain bersuku Minang) dengan tema “Proyeksi Politik Indonesia Paska Pilpres”.

Politik orang-orang Minang sudah jelas. Jadi kehadiran saya sesungguhnya hanya bentuk pengkonfirmasian aja atas keyakinan masyarakat Minang yang 87 persen memilih Prabowo di Pilpres 2019.

Namun yang menarik Yaitu keyakinan saya terkonfirmasi oleh guru politik saya, Zukri Saad (foto: memakai kaffeah), bahwa daerah-daerah Sumatera, dan beberapa daerah lainnya sedang membicarakan ide-ide Interaksi Jawa dan luar Jawa yang lebih berkeadilan. Info bang Zukri.

Intelektual-intelektual dan berbagai universitas sudah memikirkan konsep-konsep pembangunan di Pulau Jawa tak membebani hutang di rakyat luar Jawa, khususnya rakyat Sumatera.

Bagaikan tokoh NGO (Non Governmental Organization/LSM) terkenal di Sumatra, eks direktur Wahana Lingkungan Hayati Indonesia (WALHI) dan Disorientasi satu tokoh sentral gerakan Mahasiswa ITB dan Bandung 77/78, Bang Zukri mempunyai catatan yang terukur dan wajib dipertimbangkan.

Loading...

di kesempatan diskusi ini, kami orang-orang Sumatra memikirkan bagaimana negara ini baiknya ke depan. Bagaimana porsi investasi dan kerjasama investasi dan pembangunan ditentukan dengan cara independen dari daerah masing-masing.



Untuk mengantisipasi itu saya mengusulkan supaya dibuat organisasi mewakili kepentingan Sumatra yang lebih tegas. Saya usulkan Kongres Rakyat Sumatera.

Tentu di karenakan ini diskusi, belum ada follow up yang direncanakan.

Mudah-mudahan kawan-kawan intelektual dari Aceh, Melayu, Palembang, Lampung dan lain-lain. nantinya tertarik merealisasikannya. Berawal Dari dengan mendiskusikannya serentak. (rmol)

OLEH: DR. SYAHGANDA NAINGGOLAN
Penulis Yaitu Direktur Eksekutif Sabang-Merauke Circle (SMC).

Futuristis Kongres Rakyat Sumatera

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply