Doa Niat Puasa Ramadhan yang Benar | Arab, Latin, dan Terjemahannya

Doa niat puasa Ramadhan – Sebelum menjalankan ibadah puasa, kita wajib mengucapkan bacaan niat terlebih Dulu. Lafadz niat ini wajib dibaca saat kita akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Selain itu juga ada lafadz niat puasa Ramadhan sebulan penuh untuk berjaga-jaga apabila kita lupa membaca tiap harinya.

Disorientasi satu ibadah wajib umat Islam Yaitu menjalankan puasa ramadhan. Berpuasa di bulan Ramadhan hukumnnya wajib untuk setiap orang Islam di karenakan termasuk di rukun Islam yang ke-4. Siapa aja yang meninggalkan ibadah puasa akan mendapatkan dosa, sehingga untuk siapapun yang meninggalkannya wajib baginya untuk mengqodho atau menggantinya.

Puasa atau saum Yaitu menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang Bisa membatalkan puasa, Berawal Dari dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Padahal dengan cara bahasa, puasa artinya menahan atau mencegah. Terdapat banyak sekali macam ibadah puasa di Islam, namun yang wajib hanyalah puasa Ramadhan, Padahal puasa lainnya hukumnya sunnah.

Dengan begitu jangan menyepelekan ibadah puasa di bulan Ramadhan, meninggalkannya dengan mudah tanpa sebab alasan yang benar Yaitu perbuatan dosa. Sebaliknya, melaksanakannya dengan tulus dan ikhlas Yaitu keuntungan yang tak ternilai harganya serta mendapatkan pahala.

Puasa Ramadhan sendiri Yaitu Disorientasi satu ibadah paling afdhol dengan limpahan pahala yang besar dan tak terhingga, apalagi bulan ramadhan sendiri Yaitu bulan mulia yang dimana pahala akan dilipatgandakan di bulan Itu. Sehingga merugilah seseorang yang masuk di bulan Ramadhan namun ia tak menjalankan ibadah dan berbagai amal sholeh lainnya.

Allah SWT berfirman di Al-Quran

“ bila telah masuk bulan Ramadhan terbukalah pintu-pintu langit, dan tertutup pintu-pintu neraka jahannam, serta syaitan-syaitan dibelenggu”


“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kita sekalian untuk berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kita supaya kita sekalian bertaqwa”.

Disorientasi satu tata tips di menjalankannya Yaitu dengan membaca niat puasa Ramadhan. Adapun lafadz dan bacaan niatnya akan dibagikan di kesempatan kali ini. Niat puasa diucapkan di di sahur atau di malam hari sebelum menjalankan puasa di keesokan harinya.

(baca juga doa berbuka puasa Ramadhan)

Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan Arab Latin dan Terjemah


Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan

Berikut ini merupakan bacaan doa niat puasa Ramadhan yang benar di lafadz Arab dan teks latin lengkap beserta arti dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Lafadz Arab

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ فرضا لِلـّهِ تـَعَالىَ

Loading...
Teks Latin

Nawaitu saumagadin an’adai fardi syahri ramadhana hadzihissanati fardhol lillahita’ala

Terjemahan Bahasa Indonesia

“Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa di bulan Ramadhan tahun ini di karenakan Allah Taala”


Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh

Doa niat puasa Romadhon ini dibaca hanya sekali aja Yaitu di pertama kali berpuasa atau di sahr pertama di bulan ramadhan. Ini Yaitu niat puasa selama sebulan penuh sekaligus untuk berjaga-jaga apabila nanti di hari-hari berikutnya kita lupa melafalkan niat puasa Ramadhan.

Namun meskipun kita telah membaca bacaan niat ini, tetap dianjurkan dan lebih afdhol bila kita juga selalu berniat dengan bacaan niat sehari hari seperti tercantu di atas. Nah berikut niat puasa Ramadhan selama sebulan penuh selengkapnya.

Lafadz Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كِلِّهِ لِلَّهِ تَعَالَى

Teks Latin

Nawaitu shauma syahri ramadhaana kulihi lillaahi ta’aalaa

Terjemahan Bahasa Indonesia

“Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini di karenakan Allah Taala”

Nah demikian pembahasan mengenai bacaan doa niat puasa Ramadhan yang benar dan tepat di lafadz Arab, tulisan latin beserta arti dan terjemahannya bahasa Indonesia. Semoga kita senantiasa diberi kemudahan di menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan selalu mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Amiin.

Doa Niat Puasa Ramadhan yang Benar | Arab, Latin, dan Terjemahannya

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply