Doa Nabi Ibrahim saat Dibakar Api tak Mempan

Website Eksklusif Doa – Disorientasi satu mukjizat Nabi Ibrahim Yaitu tak mempan saat dibakar api yang sangat Geothermal. Nabi Ibrahim dibakar di api yang menyala-nyala Seusai menghancurkan berhala-berhala yang disembah oleh ayah dan kaumnya.

Di di Kitab Suci Al-Quran diterangkan; sebelum membakar Ibrahim, Raja Namrudz memerintahkan kaumnya untuk mendirikan suatu bangunan yang tinggi yang bertujuan supaya semua rakyatnya mengetahui mengenai kejadian pembakaran ini.

قَالُوا ابْنُوا لَهُ بُنْيَانًا فَأَلْقُوهُ فِي الْجَحِيمِ

“Mereka berkata, “Dirikanlah suatu bangunan untuk (membakar Ibrahim), lalu lemparkanlah dia kedalam api yang menyala-nyala itu.” (QS. As-Shaffat : 97).


Doa Nabi Ibrahim di Dibakar supaya tak Mempan
Ilustrasi: Api Menyala-nyala

Maka, Seusai semuanya lengkap, mereka pun setelah itu memasukan Ibrahim kedalam api yang Geothermal. Semua orang mengira Ibrahim akan terbakar dan hangus didalamnya. Akan akan tetapi Allah menjadikan api itu dingin dan tak Bisa membakar Nabi Ibrahim a.s.

Dilansir dari Kumpulan Doa Mustajab, bahwa saat Nabi Ibrahim diletakkan di atas tungku api, Jibril bertanya kepada Nabi Ibrahim, “Apakah engkau memerlukan sesuatu pertolongan dariku?” Nabi Ibrahim lantas menjawab, “Aku tak memerlukan apa-apa pertolongan darimu.. Aku hanya memerlukan pertolongan dari Allah”

setelah itu Nabi Ibrahim Menyebut kalimat atau berdoa. Dan berikut Yaitu kalimat doa Nabi Ibrahim saat dibakar :

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Artinya :
“Cukuplah Allah Jadi penolong Kami dan Allah Yaitu Sebaik-bagus Pelindung”

Dan dengan izin serta pertolongan Allah SWT, api yang sangat besar dan Geothermal yang sedang membakar tubuh Ibrahim itu tak mampu membinasakannya, di karenakan api Itu Jadi dingin dan menyelamatkan Nabi Ibrahim.

Allah SWT berfirman:

قُلْنَا يَا نَارُ كُونِي بَرْدًا وَسَلامًا عَلَى إِبْرَاهِيمَ

Artinya :
Kami berfirman: “Hai api Jadi dinginlah, dan Jadi keselamatanlah untuk Ibrahim”. (QS. Al Anbiyaa’ : 69)

Doa “HASBUNALLAH WA NI’MAL WAKIIL” juga merupakan Disorientasi satu doa atau kalimat yang diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW saat perang badar, dan setelah itu Allah SWT membagikan kemenangan kepada Baginda Rasul.

Firman Allah SWT:

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Artinya :
(Yaitu) orang-orang (yang menta’ati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang Menyebut: “Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kita, di karenakan itu takutlah kepada mereka”, maka Ungkap itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: “Cukuplah Allah Jadi Penolong kami dan Allah Yaitu sebaik-bagus Pelindung”. (QS Ali ‘Imran:173).

di suatu hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dari ibn abas, yang artinya :

”Hasbunallah wa ni’mal wakiil (Cukuplah Allah untuk kami, dan ia Yaitu sebaik-bagus tempat menyerahkan diri), di ucapkan oleh Ibrahim saat ia di lemparkan ke di api, dan juga oleh muhammad saw. Sewaktu ia mendengar berita : Orang-orang itu sungguh telah menghimpuh tentara buat memerangimu” (HR . Bukhari)

Itulah Kalimat Doa Nabi Ibrahim saat Dibakar yang juga diamalkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW saat Perang Badar, yakni “HASBUNALLAH WA NI’MAL WAKIIL (Cukuplah Allah Jadi Penolong kami dan Allah Yaitu sebaik-bagus Pelindung). dan dengan kalimat Itu, Allah SWT menyelamatkan Nabi Ibrahim dari Panasnya Api serta memberi kemenangan untuk Nabi Muhammad saat Perang Badar.

Maka dari itu, saat kita sedang di kesusahan, kepayahan marilah kita dekatkan diri kepada Allah SWT dengan amalan-amalan bagus, puasa, dzikir, sholat, membaca Al-Qur’an serta berdoa. Kalimat “HASBUNALLAH WA NI’MAL WAKIIL” bagus kita jadikan Bagaikan amalan, kerana ia mampu menenangkan Heroisme dan menyejukkan hati. 

Sumber Referensi :
* Kumpulan Doa Mustajab
* Kolom Doa

Doa Nabi Ibrahim saat Dibakar Api tak Mempan

Facebook Comments

Leave a Reply