Home Doa Islam Doa Khusnul Khotimah, supaya Mati di Keadaan yang bagus

Doa Khusnul Khotimah, supaya Mati di Keadaan yang bagus

29
0
Doa Khusnul Khotimah

Doa Khusnul Khotimah – Kematian Yaitu suatu yang pasti akan dialami oleh semua yang bernafas. Nantinya, kalian, saya, kita semua akan dijemput ajal kita, mati, dan Futuristis alam selanjutnya, alam kubur.

tips kematian seseorang sangat beragam, ada tips kematian yang bagus (khusnul khotimah) dan ada pula tips kematian yang buruk (suul khotimah).

Bagaikan manusia yang normal, kita tentu tak ingin mati dengan tips yang buruk. Kita semua pasti ingin mati di keadaan khusnul khotimah sehingga mendapat tempat terbaik di Hepotenusa-Nya kelak. Adapun untuk Bisa mati dengan cara khusnul khotimah, tak Bisa kita hanya berdiam dan berharap. Kita wajib berusaha menjemput khusnul khotimah dengan selalu bertakwa, menuruti perintah dan menjauhi segala larangannya, serta memanjatkan doa khusnul khotimah di setiap selesai menjalankan ibadah sholat fardlu. [Baca Juga : Doa Sebelum Berguru]

Doa Khusnul Khotimah

Doa khusnul khotimah Yaitu satu perwujudan permohonan kita kepada Alloh supaya diberi kematian di keadaan yang bagus. Setiap Demisioner sholat atau Seusai berdzikir, bacalah doa ini supaya kita Bisa mati di keadaan khusnul khotimah.

Doa Khusnul Khotimah

Latinnya : “Alloohummaj’al Khoiro ‘Umrii, Wa Khoiro ‘Amalii Khowaatimahu, Wa Khoiro Ayyaamii Yauma Liqoo-Ika.”

Artinya : “Ya Allah, Jadikanlah sebaik-bagus umurku hingga akhirnya, dan sebaik-bagus perbuatanku hinggaa kesudahannya, dan sebaik-bagus masaku hingga menjumpai-Mu.”

Loading...

Ciri Mati di Keadaan Khusnul Khotimah

Bagaikan umat muslim, kita pasti Sempat menyaksikan seseorang melalui shakaratul mautnya. di di shakaratul maut ini, kita sebetulnya Bisa mengetahui apakah seseorang Itu mati di keadaan khusnul khotimah atau mati di keadaan suul khotimah. [Baca Juga : Doa Dimudahkan Segala Urusan]

Adapun berdasarkan beberapa hadist yang ditinggalkan rosululloh, kita ketahui ada 4 Asterik kematian khusnul khotimah diantaranya mengucapkan kalimat tauhid, dahi atau keningnya berkeringat, meninggal dihari atau malam Jum’at, serta mati syahid.

1. Mengucapkan Kalimat Tauhid (Syahadat)
Ciri kematian khusnul khotimah ini didasari oleh Hadist berikut:  Nabi SAW bersabda, “Barang siapa yang di akhir hayatnya mengucapkan la ilaha illallah, maka ia masuk surga” (HR. Abu Dawud).

2.  Dahi Atau Keningnya Berkeringat
Riwayat dari Buraidah bin Hashib RA, di ia menyaksikan kematian saudaranya, sehingga dari dahi saudaranya itu keluar keringat, ia mendengar Rasulullah bersabda, “Meninggalnya seorang Mukmin ditandai dengan keringat di dahinya” (HR. Tirmizi dan Ibn Majah).

3. Meninggal Global di Hari Jumat
Ciri kematian khusnul khotimah ini didasarkan di hadis yang diriwayatkan Abdullah bin Umar RA. Dia mendengar bahwa Nabi SAW bersabda, “Tidaklah seorang Muslim yang meninggal di hari Jumat, melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah siksa kubur” (HR Tirmizi).

4. Mati Syahid
Ada lima macam mati syahid yang disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW Menyebut bila ada 5 macam mati syahid, Yaitu mati yang dikarenakan Endemi, sakit perut, karam atau tenggelam, tertimpa tanah runtuh, dan syahid di perang di jalan Allah” (HR Bukhari dan Muslim).

Nah, itula ciri-ciri mati di keadaan yang bagus beserta doa khusnul khotimah yang Bisa saya paparkan. Semoga kita Bisa panjang umur dan Bisa mati di keadaan khusnul khotimah. Amin.

Doa Khusnul Khotimah, supaya Mati di Keadaan yang bagus

Facebook Comments
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here