Bolehkah Menyediakan Boga untuk Orang yang tak Puasa?

ceramahterbaru.net – IBADAH puasa Jadi kewajiban setiap Muslim, terkecuali mempunyai udzur atau halangan yang mengharuskan dia tak berpuasa. Misalnya ada seorang pekerja (tukang) bangunan yang membuatnya mengeluarkan tenaga lebih, dan juga tamu di mana ia tengah menempuh perjalanan jauh. Lalu bagaimana hukumnya membagikan makan kepada orang yang tak puasa di bukan Ramadhan?

Lalu bagaimana hukumnya membagikan makan kepada tukang dan tamu Itu? Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin Menyebut, sebelumnya di menanggapi hal ini haruslah hati-hati.

“Kondisi seseorang yang tak berpuasa di bulan Ramadhan ada berbagai macam, wajib dilihat dengan kehati-hatian supaya tak Disorientasi di memutuskan perkara ini, sebab ada juga mereka tak berpuasa, di karenakan mereka memang tak diwajibkan berpuasa Serupa sekali di waktu Itu, seperti non-Muslim, anak kecil, orang gila, atau di karenakan terdapat udzur, atau juga di keadaan sakit keras, Letak bepergian (musafir), perempuan sedang hamil dan menyusui,” katanya di dihubungi Okezone, Senin 18 Mei 2020.

Loading...

Namun apabila kondisinya benar-benar darurat, Perkataan Ustadz Ainul Yaqin, maka diperbolehkan atau mubah hukumnya membagikan Boga kepada orang yang sedang tak berpuasa. Di Hepotenusa lain yang membagikan Boga pun wajib mempunyai batasan-batasan Eksklusif, mengingat sikap saling menghormati antara yang berpuasa dan tak.

“Seandainya ternyata tamunya ada udzur, maka konteksnya lain lagi, tuan rumah boleh menghormati dengan ala kadarnya, mengingat sedang Letak ibadah puasa. Begitu juga dengan tukang yang bekerja di rumah kita, ada unsur masaqhat saat dia bekerja sehingga menemui kepayahan yang sangat yang mengarah di keselamatan Heroisme,” tuturnya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Bolehkah Menyediakan Boga untuk Orang yang tak Puasa?

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply