Baru Sehari Diresmikan Jokowi, Menteri Rini Bakal Jual Tol Medan-Binjai

Baru Sehari Diresmikan Jokowi, Menteri Rini Bakal Jual Tol Medan-Binjai
Berita Islam 24H – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memberi Frekuwensi ke PT Hutama Karya (Persero) untuk menjual Tol Medan-Binjai bila seluruhnya sudah tersambung.Padahal tol Medan-Binjai seksi 2-3 (Heltevia-Binjai) sepanjang 10,46 km baru sehari diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Dari ruas tol Medan-Binjai ini memang masih terputus, sebab ada masalah Tanah di pembangunan jalan tol seksi Tanjung Mulia sepanjang 3,3 km. Tol seksi ini masih menunggu proses pembebasan Tanah yang ditargetkan akan selesai Desember ini.
Hutama Karya sudah diberi mandat untuk membangun beberapa ruas tol yang termasuk bagian Tol Trans Sumatra. Penjualan tol ini mempunyai maksud yang jelas, yakni Bisa mendapatkan dana segar dan Bisa membangun ruas tol lainnya. Disorientasi satu tol yang akan dibangun Yaitu Padang-Pekanbaru.
“Nanti Seandainya Medan-Binjai selesai, di karenakan kita lihat dengan pertumbuhan ekonomi yang bagus ini keliatannya tingkat pengembalian investasi atau Internal Rate of Return (IRR) Bisa bagus Seandainya sudah selesai, seperti halnya di Medan-Binjai ini Seandainya sudah tersambung semuanya, insha Allah nanti Hutama Karya saya mendorong untuk menjual yang Medan-Binjai,” papar Rini, Deli Serdang, Sabtu (14/10/2017).
Rini menambahkan, bila tol Medan-Binjai dijual, maka dana segar yang bakal diraih Bisa membiayai pembangunan Padang-Pekanbaru. Sebab, panjang tol Padang-Pekanbaru mencapai 180 km, sehingga membutuhkan dana yang besar.
“Sehingga Bisa sepenuhnya membiayai Padang-Pekanbaru, di karenakan sekarang Padang-Pekanbaru belum semua pendanaannya, baru Bisa hingga Sicincin. Tapi semua jalan terus,” papar Rini
Namun, Rini belum Bisa menjabarkan berapa nilai jual tol Medan-Binjai dan kapan Bisa dilakukan.
“Seandainya nilainya bagus, ya. Itu yang kita kerjakan. Jadi ada beberapa titik yang kita anggap, ada bagusnya kita lepaskan, di karenakan terutama yang kepemilikan Hutama Karya,” jelasnya.
Menurut Rini, selama ini tugas Hutama Karya di menggarap Tol Trans Sumatra sangat berat.
“Karen Hutama Karya mempunyai tanggung jawab yang paling berat, paling besar untuk jalur Trans Sumatra. Seandainya Trans Sumatra mau dipercepat pembangunannya, maka kita wajib lakukan hal-hal seperti ini. Jadi Seandainya yang udah selesai, IRR-nya bagus ya kita tawarkan ke semua pihak,” tutupnya. [beritaislam24h.info / okz]

Loading...

Baru Sehari Diresmikan Jokowi, Menteri Rini Bakal Jual Tol Medan-Binjai

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply