Home Politics Banyuwangi Siaga Hadapi Potensi Bala Hidrometeorologi

Banyuwangi Siaga Hadapi Potensi Bala Hidrometeorologi

67
0

Bala hidrometeorologi umumnya dilatarbelakangi curah hujan, kelembapan, temperatur

CeramahTerbaru.net, MALANG–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi Berawal Dari siap siaga di menghadapi potensi Bala hidrometeorologi. Hal ini dipertegas melalui kegiatan apel kesiapsiagaan Bala hidrometeorolog di Taman Blambangan Banyuwangi, Senin (25/10).


Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Menyebut, Bala hidrometeorologi biasanya terjadi di karenakan parameter meteorologi. di hal ini dilatarbelakangi faktor curah hujan, kelembapan, temperatur, dan angin. “Berawal Dari dari banjir, angin puting beliung, longsor, abrasi, hingga gelombang pasang,” Perkataan Ipuk. Menurut Ipuk, kerawanan Itu akan bertambah seiring dengan masuknya musim penghujan. Ditambah lagi, Banyuwangi merupakan wilayah yang rawan Bala dengan potensi Bala yang sangat beragam. Beberapa di antaranya seperti erupsi gunung api, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, kebakaran hutan dan banjir.


Melihat potensi Bala Itu, maka kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadinya Bala wajib ditingkatkan. “Dan apel ini Bagaikan bentuk kesiapsiagaan seluruh elemen di Banyuwangi,” ungkap perempuan berhijab ini.


Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu Menyebut, keberhasilan penanggulangan Bala sangat bergantung di sistem penanggulangan Bala. setelah itu juga wajib didukung oleh sarana dan prasarana yang mumpuni. Terakhir, juga wajib ada koordinasi yang bagus antarstakeholder dan masyarakat di wilayah rawan Bala.

Loading...


Menurut Nasrun, budaya siaga Bala melalui rencana aksi daerah di pengurangan risiko Bala penting dilakukan. Oleh di karenakan itu, kegiatan seperti apel Bisa Jadi penunjang kesiapsiagaan Bala di Kabupaten Banyuwangi. Semua langkah Itu merupakan bagian dari antisipasi meskipun seluruh elemen tak menginginkan adanya Bala. 


Nasrun mengaku, pihaknya telah mengindentifikasi sejumlah titik rawan Bala di Banyuwangi. Daerah Itu antara lain pegunungan yang rawan akan Bala gunung berapi dan tanah longsor. setelah itu gempa bumi, Bala tsunami dan air rob di pesisir Bahari, bahkan juga ada potensi kebakaran hutan.


Nasrun mengaskan, pihaknya akan melonjakkan kesigapan Bala dengan menjalankan simulasi kebencanaan. “Di samping penanggulangan Covid-19 yang tetap Jadi prioritas penanganan,” Perkataan dia menambahkan.


 

Banyuwangi Siaga Hadapi Potensi Bala Hidrometeorologi

Facebook Comments
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here