Bacaan Ijab Qobul Bahasa Arab untuk Wali dan Mempelai Pria

Lafadz ijab qobul bahasa Arab – Proses ijab kabul Yaitu hal yang paling utama di suatu pernikahan. Di Indonesia, ada yang menjalankan ijab qobul di bahasa Arab dan ada juga yang memakai bahasa Indonesianya. Untuk kalian yang ingin melafalkannya di bahasa arab, maka di artikel ini akan dibagikan bacaan ijab qabul di bahasa Arab beserta teks latin serta arti dan terjemahannya.

di agama Islam, menikah Yaitu suatu hal yang sakral dan merupakan sunnah Rasulullah SAW. Menikah berpahala dan sangat dianjurkan oleh Nabi SAW. Islam sendiri mengatur proses dan tata tutorial menikah,, termasuk mengenai hukum pernikahan. Ada banyak rangkaian kegiatan yang mesti dilakukan dan dipenuhi supaya pernikahan kita Absah dengan cara syariat agama dan istri atau suami kita Jadi halal untuk kita.

Disorientasi satu yang paling penting dan hukumnya wajib Yaitu proses ijab qabul. Ijab qabul sendiri Yaitu proses dimana wali yang ditunjuk mewakili mempelai wanita menikahkan atau melafadzkan bacaan ijab kepada calon mempelai pria. Selanjutnya mempelai pria menjawabnya dan ini disebut dengan bacaan qobul. Semuaitu dilakukan dengan adanya saksi.
Proses ijab qabul di bahasa Indonesia mungkin mudah dipahami dan banyak yang sudah hafal di luar kepala. Namun bagaimanakah dengan proses ijab qabul di bahasa Arab? Banyak juga pasangan yang menjalankan proses ijab qabul di bahasa Arab, sehingga mempelai wajib untuk menghafal lafadz ijab qabul di bahasa Arab.
(baca juga doa Seusai akad nikah)


Ijab Kabul Bahasa Arab dan Artinya

Nah berikut ini akan dibagikan lafadz bacaan ijab qobul di bahasa Arab beserta teks latin serta arti dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Bacaan Ijab dibaca oleh walinya

اَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَا نِ الرَّجِيْمِ * بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَ الرَّحِيْمِ


اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ … ×3 مِنْ جَمِيْعِ الْمَعَاصِيْ وَالذُّنُوْبِ وَاَتُوْبُ ِالَيْهِ

اَشْهَدُ اَنْ لآاِلَهَ اِلاَّالله ُ * وَ اَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ
بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُللهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ للهِ سَـيِّدِنَا مُحَمَّدِ ابْنِ عَبْدِاللهِ
وَعَلى آلِهِ وَاَصْحَا بِهِ وَمَنْ تَبِـعَهُ وَنَصَـَرهُ وَمَنْ وَّالَهُ – وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ اَمَّا بَعْدُ :
أُوَصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَي الله فَقَدْ فَازَالْمُتَّقُوْن

Loading...

Ya Fulan bin Fulan uzawwijuka ‘ala ma amarollohu min imsakin bima’rufin au tasriihim bi ihsanin, ya fulan bin fulan (jawab: na’am/labbaik) ankahtuka wa zawwaj-tuka makhthubataka fulanah binti fulan bi mahri mushaf alquran wa alatil ‘ibadah haalan

Artinya :

Saudara fulan bin fulan (dijawab: ya saya). saudara saya nikahkan dan kawinkan fulanah binti fulan dengan mahar suatu mushaf Alquran dan perlengkapan sholat dengan cara tunai.”

Catatan :

  • Fulan bin fulan diganti dengan nama mempelai pria.
  • Fulan binti fulan diganti dengan nama mempelai wanita.
  • Mushaf alquran wa alatil ‘ibadah diganti menyesuaikan mahar yang akan diberikan.

Bacaan Qobul dibaca oleh mempelai pria

قَبِلْتُ نِكَاحَهَا وَتَزْوِيـْجَهَا بِالْمَهْرِالْمَذ ْكُوْرِ

Qobiltu nikaahahaa wa tazwiijahaa bil mahril madz-kuur

Artinya : 

Aku terima nikahnya dan kawinnya dengan mahar yang telah disebutkan tunai.

Nah itulah info mengenai lafadz bacaan ijab qobul di bahasa arab untuk wali dan untuk mempelai pria yang benar menurut Islam. Semoga ini bermanfaat untuk siapapun yang akan menikah dengan memakai bacaan ijab qobul di bahasa Arab. Wallahu a’lam.

Bacaan Ijab Qobul Bahasa Arab untuk Wali dan Mempelai Pria

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply