Bacaan Doa Sebelum Berguru dan Sesudah Berguru Beserta Artinya

Doa sebelum Berguru dan doa sesudah Berguru – Bagaikan seorang muslim, kita wajib untuk menuntut ilmu hingga akhir hayat kita. Kewajiban menuntut ilmu untuk seorang muslim sudah Allah SWT tegaskan di Al-Qur’an serta Elaborasi di beberapa hadist Nabi mengenai menuntut ilmu. Disorientasi satu hadits Nabi bunyinya Yaitu “carilah ilmu sejak bayi hingga ke liang kubur”.

Bagaikan seorang muslim yang taat, sudah seharusnya kita Berguru mengenal mengenai agama Islam mengenai hukum-hukum fiqih dan lain sebagainya. di proses Berguru Itu selain ketekunan dan niat yang ikhlas di karenakan Allah ta’ala. Proses menuntut ilmu wajib seimbang antara ilmu Global dan ilmu akhirat juga tentunya.

Hal yang tak kalah pentingnya dan dianjurkan Yaitu membaca doa sebelum Berguru atau saat akan Berguru. Begitu pula Seusai kalian selesai Berguru, kita juga dianjurkan membaca doa Seusai selesai Berguru. Islam sendiri mengajarkan berbagai doa yang Bisa dibaca di akan Berguru. Bacaan doa sebelum dan sesudah Berguru ini relatif pendek dan singkat, sehingga mudah untuk dihafalkan.

Dengan berdoa, kita memohon kepada Allah SWT supaya dimudahkan di proses Berguru, supaya dimudahkan di menghafal dan kita mampu menyerap isi pelajaran yang dipaparkan oleh guru-guru kita. Sesudah Berguru juga dianjurkan untuk berdoa supaya ilmu yang kita peroleh Jadi berkah dan bermanfaat.

(baca juga doa menuntut ilmu)

Bacaan Doa Sebelum Berguru dan Sesudah Berguru


Doa Sebelum Berguru dan Sesudah Berguru

Berikut ini akan dibagikan bacaan doa sebelum Berguru dan doa sesudah Berguru di lafadz arab dan teks latin lengkap beserta terjemahannya. Terdapat 2 versi doa, masing-masing doa sebelum Berguru 2 versi dan doa sesudah Berguru 2 versi pula.

1. Doa Sebelum Berguru versi 1

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shoolihiin Amiin Ya Robbal ‘Aalamiin

Artinya : 

Ya Alloh Tambahkanlah aku ilmu, Dan berilah aku karunia untuk Bisa memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shoolih. Ya Alloh kabulkanlah do’aku ini.

2. Doa Sebelum Berguru versi 2


اَللَّهُمَّ أَلْهِمْنىِ عِلْماَ اَعْرِفُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَاَعْرِفُ بِهِ نَوَا هِيَكَ

 وَارْزُقْنِى اَللَّهُمَّ بَلَغَةَ فَهْمِ النَبِيِّيْنَ وَفَصَاحَةِ حِفْظِ الْمُرْ سَلِيْنَ وَسُرْ 

عَةِ اِلْهَامِ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ وَاَكْرِمْنِى . اَللَّهُمَّ بِنُوْرِ الْعِلْمِ وَسُرْعَةِ 

الْفَهْمِ وَاَخْرِجْنِى مِنْ ظُلُمَاتِالْوَهْمِ وَافْتَحْ لِى اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَعَلْمِنِى 

اَسْرَارَ حِكْمَتِكَ يَارَبَّ الْعَا لمَِيْنَ

Alloohumma alhimnii ‘ilman a’rifu bihi awaamiroka wa a’rifu bihi nawaahiyaka warzuqnii. Alloohumma balaghota fahmin nabiyyana wa fashoohati hifdlil mursaliina wa sur’ati ilhamil malaa’ikatil muqorro biina wa akrimnii. Alloohumma bi nuuril ‘ilmi wasur’atil fahmi wa akhrijnii min dlulumaatil wahmi waftah lii abwaaba rohmatika wa allminii asrooro hikmatika yaa robbal ‘aalmiina

Loading...

Artinya :

Wahai Allah, ilhamilah aku dengan ilmu yang Bisa Jadi alat untuk mengetahui semua suruhan Mu dan berilah aku rizqi. Wahai Allah, sampainya kefahaman yang mendalam dari para nabi dan kefashihan hafalan para Rosul serta cepatnya ilham para malaikat muqorrobiin, maka karunianikanlah kepada ku. Wahai Allah, dengan chaya ilmu dan Genjah tanggap di kefahaman serta keluarkanlah aku dari kegelapan keraguan dan dan bukakanlah untukku semua pintu rahmat  Mu dan ajarkanlah kepadaku rahasia hikmah Mu. Wahai Tuhan semesta Alam

3. Doa Sesudah Berguru versi 1

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَه وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا 

اجْتِنَابَهُ

Aallohumma Arinal Haqqo Haqqon Warzuqnattibaa’ahu. Wa Arinalbaathila Baa-Thilan Warzuqnajtinaabahu

Artinya :

Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehinggga kami Bisa mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami Bisa menjauhinya.

4. Doa Sesudah Berguru versi 2

اَللَّهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَمْتَنِيْهِ فَارْدُذْه اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِى اِلَيْهِ وَ لاَ 

تَنْسَنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan: Allahumma innii istaudi’uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya ‘inda haajati ilaihi walaa tansaniihi yaa robbal ‘aalamiin.

Artinya :

Ya Allah,sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku,maka kembalikanlah ia kepadaku saat aku membutuhkannya.Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam.
Nah itulah bacaan doa sebelum beajar dan doa sesudah Berguru lengkap bahasa Arab, latin dan artinya bahasa Indonesia. Semoga dengan membaca lafadz doa diatas, kalian Bisa lebih mudah dan lebih Genjah di proses pembelajaran serta mampu Jadi penerus bangsa yang membanggakan khususnya dibidang agama. Amiin.

Bacaan Doa Sebelum Berguru dan Sesudah Berguru Beserta Artinya

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply