Anggaran IMEI Tanpa Perlindungan Data Pribadi Langgar Privasi

ceramahterbaru.net – Forum Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) Menyebut Anggaran IMEI yang tak diiringi oleh Anggaran Perlindungan Data Pribadi (PDP) Bisa Jadi masalah besar di setelah itu hari.

Pihak berwenang atau aparat hukum Bisa semena-mena menjalankan penyadapan terhadap masyarakat bila tak ada Anggaran data pribadi.

Deputi Direktur Riset ELSAM Wahyudi Djafar jelaskan banyak negara  yang memakai international mobile subscriber identity catcher, (IMSI-catcher) untuk menjalankan penyadapan berdasarkan IMEI yang telah didaftarkan.

“Masalahnya di Indonesia itu aturannya belum kuat (rigid). DPR baru akan membahas UU Penyadapan. UU Perlindungan Data Pribadi juga belum ditetapkan,” Perkataan Wahyudi  di diskusi ‘Melindungi Privasi Data di Indonesia’, di Jakarta Selatan, Rabu (3/7).



Wahyudi Menyebut penggunaan IMSI Catcher Jadi polemik di karenakan berdasarkan peraturan di beberapa negara, praktek penyadapan wajib melalui beberapa prosedur.

Loading...

Prosedur yang dimaksud di antaranya Yaitu perizinan dari pengadilan, hingga target penyadapan terbukti menjalankan tindak pidana. Apabila prosedur dilakukan, maka penyadapan Absah dilakukan dan tak melanggar privasi data.

“Jadi memang akan sangat rentan saat IMEI itu sudah diketahui. di karenakan itulah yang Jadi target di penggunaan piranti lunak penyadapan, tapi di konteks hukum penyadapan itu berlaku hukum yang lain. Misalnya di karenakan ada satu tindak pidana, setelah itu sudah ada izin pengadilan, dan seterusnya,” jelasnya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Anggaran IMEI Tanpa Perlindungan Data Pribadi Langgar Privasi

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply