Akan Serang Indonesia, Pernyataan PM Cina Diragukan

Akan Serang Indonesia, Pernyataan PM Cina Diragukan
Berita Islam 24H – Dua pengamat politik meragukan pernyataan PM Cina yang akan menyerang Indonesia bila tragedi 98 terulang kembali. Pasalnya di konprensi pers yang digelar PM Cina juga tak jelas lokasinya.
“Di situ ditulis konpers di Taipei. Padahal Taipei itu di Taiwan bukan di Cina. Ini meragukan. Saya kira itu hoax,” ujar pengamat politik dari Point Indonesia (PI) Karel Susetyo kepada Harian Terbit, Senin (14/11/2016).
Karel meminta penyataan yang tak Itu tak wajib ditanggapi serius. Apalagi komentar PM Cina itu Bisa mengganggu Interaksi bagus Cina dengan Indonesia. Selain itu keturunan Cina juga bukan warga negara Cina tapi mereka Yaitu warga negara Indonesia.”Tak akan Cina menjalankan hal Itu,” tegasnya.
Ucapan PM Cina yang kontroversial itu juga diragukan oleh Dosen Ilmu Politik Universitas Pelita Asa (UPH) Emrus Sihombing. “Saya meragukan kebenaran ungkapan PM Cina,” tegasnya.
Sementara itu Haris Rusli dari Petisi 28 juga menyatakan pernyataan PM Cina tak asli. “Aku lihat gak asli pernyataan itu,” tegasnya, namun ia enggan jelaskan lebih lanjut soal ketidakaslian ucapan PM Cina Itu.
Hegemoni
Sementara itu Ketua Network for South East Asian Studies (NSEAS), Muchtar Effendi Harahap Menyebut, bila benar ucapan PM Cina seperti itu maka hal Itu Bagaikan upaya Hegemoni urusan negara lain dan ancaman terhadap rakyat Indonesia, terutama pribumi. Hal Itu dilakukan Cina supaya tak merugikan kepentingan kelompok ras Cina di Indonesia.
Muchtar menuturkan, pernyataan PM Cina ini juga indikasinya menunjukkan, ancaman untuk penguasa negara supaya tak membiarkan terjadi kerusuhan sosial pribumi terhadap ras Cina di Indonesia. “Bagaikan suatu ancaman, bagaimana pun, PM Cina telah merendahkan martabat atau prestise negara Indonesia,” jelasnya.
Maka itu, ke depan, apa yang wajib dilakukan negara Indonesia bila pernyataan PM China itu benar? Ada baiknya pernyataan PM Cina ini wajib dipersoalkan bagus eksekutif ataupun legislatif dengan cara opini internasional.
“Kandungan apa yang dipersoalkan, tentu substansi pernyataan PM Cina Itu. Sekali negara Indonesia tak mempersoalkan pernyataan ini, lambat Bahari Cina akan dengan mudah merendahkan martabat dan prestise Indonesia di mata internasional,” tandasnya.
Sebelumnya beredar ajakan untuk menjalankan aksi kepung Kedubes Cina, menyusul pernyataan PM Cina atas aksi damai bela Islam yang merongrong kedaulatan NKRI. Ajakan aksi yang akan digelar, Selasa (15/11/2016) itu disampaikan sejumlah aktivis yang Menyebut dirinya Qomando Masyarakat Tertindas (QOMAT). [beritaislam24h.net / htc]

Loading...

Akan Serang Indonesia, Pernyataan PM Cina Diragukan

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply