Ahli IPB Sebut Cacing di Ikan Makarel Kaleng Akibatkan Kanker

Ahli IPB Sebut Cacing di Ikan Makarel Kaleng Akibatkan Kanker
Berita Islam 24H – Ahli fisheries toxicology dari Fakultas Perikanan dan llmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Etty Riani, menegaskan, cacing yang ditemukan di ikan makarel di 27 merek ikan kaleng yang beredar luas di Indonesia, merupakan jenis cacing parasit yang Bisa menimbulkan alergi bahkan mengakibatkan penyakit kanker.
“Larva dan cacing yang ditemukan Hayati di ikan di 27 merek ikan kaleng seperti yang dirilis BPOM, bukan termasuk jenis cacing berprotein, tapi jenis parasit dan racun penyebab kanker,” Perkataan dosen Fakultas Perikanan IPB ini, Kamis, 5 April 2018.
Dia Menyebut larva dan cacing kecil yang ditemukan berkembang biak di ikan makarel di 27 produk ikan kaleng ini merupakan cacing jenis Anisakis simplex, Disorientasi satu jenis cacing parasit yang Bisa berubah Jadi racun penyebab alergi dan kanker. “Cacing jenis ini biasanya ditemukan di ikan produk impor bukan ikan asal Indonesia, di karenakan cacing A. simplex ini Hayati di perairan dengan empat musim,” Perkataan dia.
Dia Menyebut, berdasarkan sejumlah literatur dan jurnal ilmiah, hingga di ini jenis cacing A. simplex belum Sempat ditemukan di perairan Indonesia. Larva cacing Anisakis Bisa memakan organ ikan hering di Norwegia. “Di negara kita belum ditemukan, dan biasanya jenis cacing ini Hayati di ikan impor yang dikemas di kaleng,” Perkataan dia.
Menurut dia, telur dan larva jenis cacing A. simplex ini Bisa Hayati di ikan makarel yang sudah mati (olahan), juga Bisa berkembang biak di mamalia termasuk manusia.
“Larva ini Hayati di ikan Bagaikan inangnya. bila telur-telur cacing yang menempel di ikan dikonsumsi, Bisa berkembang biak juga di tubuh manusia,” Perkataan dia.
Dia Menyebut, di kasus ditemukan cacing di 27 merek ikan kaleng yang beredar di masyarakat ini, sudah seharusnya Jadi perhatian pemerintah supaya menyikapinya. di karenakan Bisa berpengaruh di masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.
“Pemerintah mestinya tak boleh mengabaikan kasus ini, di karenakan Bisa berpengaruh di pembangunan sektor perikanan Bagaikan Disorientasi satu pusat pertumbuhan ekonomi nasional,” Perkataan dia.
Ia pun berharap supaya pemerintah serius di kebijakan mitigasi Genjah mencakup perlunya kerja Serupa hulu-hilir Bagaikan usaha pengetatan persyaratan penanganan ikan sesuai standar mutu keamanan pangan ikan (food safety) yang diimpor dari berbagai negara khususnya Cina.
“Kami menduga semua ikan yang digunakan di produk ikan kemasan kaleng yang diproduksi oleh perusahaan nasional pun memakai ikan impor di karenakan menggandung cacing A. simplex, Padahal di Indonesia belum ditemukan,” Perkataan dia. [b-islam24h.com / tempo]

Loading...

Ahli IPB Sebut Cacing di Ikan Makarel Kaleng Akibatkan Kanker

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply