14+ Sunnah-Sunnah Puasa Ramadhan yang Dianjurkan

Sunnah-sunnah puasa Ramadhan – di menjalankan ibadah puasa, sudah sewajarnya kita Bagaikan umat Islam mempelajari hal hal yang berkaitan dengan puasa itu sendiri. Hal ini dimaksudkan supaya ibadah puasa kita Jadi lebih sempurna dan diterima oleh Allah SWT. Disorientasi satu hal penting yang wajib kita ketahui Yaitu sunnah-sunnah berpuasa di bulan ramadhan.

Dengan mengamalkan sunnah-sunnah Nabi SAW di bulan Ramadhan, maka puasa kita semakin maksimal dan pahala yang didapat pun semakin besar. Tentu Bagaikan muslim kita menginginkan supaya puasa kita Jadi lebih sempurna dan mendapat pahala yang lebih dari Allah SWT, terutama di bulan Ramadhan.

Jadi selain mengerjakan hal-hal yang bersifat wajib di bulan Ramadhan, maka ada baiknya ditunjang dengan amalan sunnah sebanyak yang kita mampu di karenakan bulan Ramadhan Yaitu bulan yang penuh karunia. Amalan sunnah kita dinilai wajib di di bulan suci ramadhan. Inilah yang Jadi dasar pentingnya kita mengetahui hal-hal yang disunnahkan di bulan Ramadhan.

Banyak sekali sunnah-sunnah puasa ramadhan yang Bisa kita kerjakan, semuanya terhitung mudah dan tak susah dikerjakan sehingga sudah seharusnya kita memotivasi diri sendiri untuk mengerjakannya. Berikut ini akan dibagikan hal-hal yang disunnahkan di sedang berpuasa di bulan Ramadhan sesuai tuntunan Rasulullah SAW.

(baca juga hadits mengenai puasa)

Sunnah Sunnah Puasa Ramadhan

Sunnah-Sunnah Puasa Ramadhan

1. Menyegerakan berbuka

Sunnah puasa yang pertama Yaitu supaya kita menyegerakan berbuka puasa. Artinya kita disunnahkan untuk Genjah berbuka saat sudah masuk waktu magrib, tanpa menunda-nunda lagi untuk berbuka lebih lama.
2. Sahur

Sahur juga termasuk Disorientasi satu sunnah puasa Ramadhan. Sahur Yaitu kegiatan makan dan minum di waktu dini hari sebelum imsyak supaya kita lebih kuat di berpuasa. Disunnahkan kita untuk sahur, sekalipun dengan seteguk air, di karenakan di di sahur terdapat keberkahan.
3. Mengakhirkan sahur

Sahur disunnahkan dikerjakan di waktu akhir yakni dimulai dari tengah malam hingga sebelum waktu imsyak. Mengakhirkan sahur ini Jadi Disorientasi satu sunnah puasa yang kita kerjakan.
4. Berbuka dengan kurma

Disunnahan untuk berbuka dengan kurma dengan bilangan ganjil. bila tak ada kurma maka air zam zam dan bila tak ada juga cukup dengan air putih. bila tak ada, Bisa dengan apa aja yang berasa manis alami, contohnya seperti madu contohnya. bila tetap tak ada, Bisa berbuka dengan Boga atau minuman yang telah diberi pemanis.

5. Membaca doa berbuka puasa

di puasa juga disunnahkan untuk membaca doa berbuka puasa di bulan Ramadhan. Lafadz bacaan doa berbuka puasa Yaitu Bagaikan berikut.
اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

6. Memberi Boga berbuka kepada orang yang berpuasa

Loading...

Sangat dianjurkan untuk kita untuk memberi Boga berbuka di orang yang berpuasa. Dengan memberi Boga berbuka kepada orang yang sedang berpuasa, maka kita akan mendapakan pahala yang besar termasuk pahala orang yang berpuasa Itu.

7. Mandi janabat

Sunnah puasa di bulan Ramadhan berikutnya Yaitu menjalankan mandi janabat sebelum terbitnya fajar untuk orang yang junub di malam hari

8. Mandi setiap malam di bulan ramadhan

di bulan Ramadhan, kita juga disunnahkan untuk menjalankan mandi di tiap malamnya. Anjuran ini berlaku selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan di malam hari.

9. Shalat tarawih dan shalat witir

di bulan Ramadhan, kita juga disunnahkan untuk menekuni shalat tarawih dan shalat witir di Seusai shalat isya. Tentu kita wajib berusaha untuk mendirikan shalat tarawih di karenakan hanya disunnahkan sebulan di setahun.

10. Memperbanyak bacaan Al-Quran

Disunnahkan juga untuk memperbanyak bacaan Al-Quran dengan berusaha memahami artinya. Ramadhan Yaitu bulan diturunkannya Al-Quran, juga sangat dianjurkan memperbanyak bacaan Al-Quran di bulan Ramadhan Bagaikan amalan utama.

11. Memperbanyak amalan sunnah dan amal shalih

Dianjurkan pula untuk selalu menjalankan sunnah-sunnah lain di luar sunnah berpuasa di umumnya. Hal ini di karenakan segala amalam dan pahala amal kebaikan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

12. Memperbaiki akhlak dan bersikap bagus

Kita juga disunnahkan untuk meninggalkan caci maki serta memperbaiki akhlak kita kepada sesama dengan meninggalkan cacian dan makian serta senantiasa berbuat bagus. Perbuatan ini hendaknya dilakukan kapan aja juga.

13. Berusaha makan dari yang halal

Sunnah di bulan Ramadhan berikutnya Yaitu senantiasa berusaha makan dari Boga yang halal supaya diberi keberkahan.

14. Bersungguh-sungguh di beribadah di 10 hari terakhir bulan Ramadhan

Sunnah Ramadhan yang terakhir Yaitu bersungguh-sungguh di ibadah di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, di karenakan biasanya malam lailatul qadar berada di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Dengan selalu bersungguh-sungguh di sisa 10 malam Ramadhan, diharapkan kita memperoleh malam lailatul qadar.

Nah itulah daftar 14 sunnah-sunnah puasa Ramadhan beserta penjelasannya sesuai syariat Islam. demikian mengenai amalan sunnah di berpuasa yang semoga Bisa membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Dengan menjalankan sunnah, maka kita telah mematuhi perintah Allah SWT sekaligus mencontoh Nabi Muhammad SAW. Wallahu a’lam.

14+ Sunnah-Sunnah Puasa Ramadhan yang Dianjurkan

Facebook Comments
Loading...

Leave a Reply